5 Gaya Hidup Sehat Bebas Kanker

2 Likes Comment

Pada tanggal 4 Februari dunia memperingati sebuah perayaan yang disebut dengan World Cancer Day. Dunia kesehatan memandang masalah kanker adalah hal yang sangat penting. Dikutip dari Buletin Kesehatan yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan Indonesia, pada tahun 2012 kanker telah menyebabkan kematian pada  8.201.575 manusia diseluruh dunia. Kematian akibat kanker ini setiap tahun semakin meningkat seiring dengan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kanker itu sendiri.

hal ini kemudian diperparah dengan kurangnya kesadaran masyarakat untuk mulai mengubah gaya hidup yang baik. Kasus kanker yang berujung pada kematian, lebih banyak dibanding mereka yang berhasil sembuh dari penyakit ini. karena itulah mencegah datangnya penyakit kanker sejak dini, sangat penting dibanding mengobati dikala kanker sudah menggerogoti sel tubuh.

Di Indonesia penyakit kanker adalah salah satu penyebab kematian yang terbanyak. Pengaruh gaya hidup yang buruk sangat berpengaruh terhadap munculnya gejala kanker. Pengetahuan tentang kanker juga sangat berpengaruh, karena kebanyakan pasien yang datang kerumah sakit, adalah penderita yang mengidap kanker stadium lanjut, sehingga peluang untuk sembuh sangat kecil sekali. Karena itulah penting sekali untuk meningkatkan pengetahun dan kehati-hatian terhadap penyakit satu ini.

Untuk mendukung peringatan Hari Kanker Sedunia, Petamilenial Merangkum beberapa langkah preventif untuk mencegah datangnya kanker, kami mengumpulkannya dari beberapa sumber sehingga terangkum dalam 5 Gaya Hidup Bebas Kanker

1 .Apapun profesi mu, perbanyaklah aktivitas fisik

Kanker adalah sel tidak normal yang memakan sel lainnya. Munculnya sel tidak normal ini memiliki banyak penyebab, salah satunya karena Indeks Massa Tubuh. Indeks ini dipakai untuk mengukur status gizi seseorang apakah baik atau tidak, yang menggunakan dua indikator utama yakni berat dan tinggi tubuh.

Pertumbuhan badan yang tidak normal serta berat badan yang berlebihan akan mengakibatkan datangnya penyakit berbahaya, salah satunya kanker. Hal ini juga dipicu akibat lemak tubuh yang berlebihan. Karena itulah aktivitas fisik yang banyak akan mengurangi resiko lemak yang menumpuk atau berlebihan.

Jangan terlalu lama duduk, dalam 24 jam sehari usahakan untuk lebih banyak berdiri daripada duduk. Hal ini dikarenakan berdiri lebih menunjang aktivitas fisik daripada duduk. Pengaruh teknologi seperti menonton televisi dan bermain gadget akan mendorong kamu untuk lebi banyak duduk-duduk, karena itu kurangilah aktivitas yang membuat kamu semakin lama duduk dan Perbanyaklah aktivitas fisik.

Buatlah jadwal rutin untuk berolahraga dalam seminggu sehingga tubuh terhindar dari resiko obesitas dan lemak berlebihan yang menjadi salah satu penyebab munculnya sel kanker.

2 .Buah adalah Makanan yang Penting

Dalam suatu hadits, Nabi Muhammad pernah berkata bahwa perut adalah rumahnya penyakit. Perkataan ini diucapkan ribuan tahun sebelum 2020 dan terasa relevan dengan timbulnya berbagai penyakit, misalnya virus corona pada tahun ini. karena apa yang kamu makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Karena itulah makanlah makanan yang kamu harus makan, bukan apa yang sekedar kamu mau. Contohnya adalah buah-buahan.

Kurangnya mengkonsumsi buah-buahan menjadi salah satu sebab kurangnya gizi seseorang. Padahal gizi adalah kebutuhan tubuh. Perbanyaklah makan buah sebelum dan sesudah memakan makanan berat. Sebenarnya tidak perlu khawatir dengan naiknya budget hidup, karena buah yang memiliki banyak khasiat kebanyakan adalah buah-buahan dengan harga yang murah, contohnya adalah pisang.

Selain makan buah-buahan, kamu mesti memperhatikan kekebalan tubuh terhadap virus. Bakteri bisa diatasi oleh pertahanan tubuh yang diperkuat dengan asupan gizi, namun pencegahan terhadap virus mesti memerlukan cara khusus, salah satunya adalah mengkonsumsi suplemen anti virus, contohnya adalah Nigella Sativa atau yang biasa dikenal di Indonesia dengan nama Jintan Hitam.

3 .Kebersihan diri sendiri dan lingkungan mu adalah satu kesatuan, karena itu perhatikanlah!

Dilansir dari laman situs Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Infeksi virus, bakteri dan parasi memiliki pengaruh yang besar terhadap penyakit yang diderita seseorang, salah satunya adalah kanker. Untuk mencegahnya maka perhatikanlah kebersihan diri dan lingkungan. Terapkanlah gaya hidup bersih. Pastikan tempat-tempat strategis tempat berkembang biaknya virus, bakteri dan parasite selalu bersih.

Tempat seperti pembuangan sampah, toilet, dapur dan Kasur tidur adalah tempat aktivitas manusia yang rawan menjadi sumber penyakit. Agar selalu terhindar dari bakteri dan parasit maka perhatikan kebersihan tempay-tempat disekeliling mu, termasuk pembuangan sampah disekitar rumah supaya dipastikan setiap pekan kosong agar tidak ada sampah menumpuk.

4 .Gaya hidup sehat anti dengan rokok

Rokok sangat jauh dari kata sehat. Gaya hidup merokok adalah salah satu penyebab munculnya penyakit kanker yang menjadi penyebab kematian utama warga global. Karena itu jauhilah aktivitas merokok dan bagi yang ‘terlanjur’ maka bertekadlah untuk berhenti. Karena dengan merokok, sejatinya anda tidak peduli dengan diri sendiri, juga terhadap orang lain.

Kandungan dalam rokok ibarat kumpulan atau ringkasan dari bahan-bahan berbahaya penyebab munculnya sel kanker, misalnya karsinogen. Dilansir dari laman Depkes RI, Merokok adalah aktivitas yang menyebabkan terjadinya sekitar satu setengah juta kematian akibat kanker setiap tahunnya. Maka Jauhilah merokok!

5. Alkohol itu bukan untuk diminum, lantas kenapa diminum?

Saya terbiasa menggunakan alcohol untuk membersihkan laptop dari debu-debu yang susah dihilangkan. Karena saya pikir alkohol bukanlah minuman tetapi alat untuk membersihkan, misalnya untuk membersihkan luka. Jika melihat data, mengkonsumsi alkohol, menyebabkan sekitar 351.000 kematian akibat kanker setiap tahunnya. Dengan melihat data ini, ada pesan tersurat bahwa dengan mengkonsumsi alkohol bisa berpotensi menimbulkan kanker.

Dalam islam, alkohol adalah benda yang dilarang untuk dikonsumsi. Disisi lain karena membahayakan tubuh, juga memabukkan sehingga membuat diri tidak sadar. Hal ini dikarenakan disaat manusia hilang kesadaran, banyak perbuatan kriminalitas bisa dilakukannya. Karena itulah dengan menghindari konsumsi alkohol, kamu bisa mengurangi resiko munculnya berbagai penyakit dan menghilangkan potensi masuk penjara.

Kanker memiliki banyak jenis, walaupun berbeda-beda jenis, penanganannya secara umum sama dan pencegahan untuk menghindarinya juga sama. Karena itu dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan bebas kanker, secara langsung banyak penyakit yang bisa kamu hindari. Sesuai dengan tema peringatan hari kanker sedunia tahun 2020 I Am and I Will bahwa kamu adalah kamu dengan segala kesadaran serta tekad untuk menghindari penyakit kanker dan juga berani untuk melawannya. Selamat hari kanker sedunia!

You might like

About the Author: robin

pemalas dan buruk dalam pertemanan, menjadi penulis adalah mimpi sehari-hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *