Review Sket Dance : Tontonan Slice of Life yang Berbekas

sket dance poster

Anime Sket Dance mungkin telah tamat, namun tetap membekas di ingatan penontonnya hingga sekarang. Anime ini mungkin tidak sepopuler Gintama dan Fairy Tail, namun siapa saja yang pernah menonton Sket Dance pasti merasakan hal yang sama, bahwa anime ini merupakan Slice of Life terbaik yang punya keunggulan serta daya tarik tersendiri.

Diantara genre anime yang ada, Slice of Life mungkin adalah yang paling membosankan. Cerita tentang kehidupan karakter sehari-hari yang terkadang selingi komedi disetiap ceritanya. Namun hal tersebut tidak dijumpai di Sket Dance. Jika kamu mencari anime bergenre Slice of Life sekaligus Comedy dan kehidupan sekolah, maka Sket Dance adalah rekomendasinya.

Petamilenial akan mengulas sedikit tentang Sket Dance dan alasan mengapa anime Underrated ini musti kalian tonton!

Kehidupan Sekolah yang menyenangkan

switch
© Kenta Shinohara• Tatsunoko Production• Shueisha/ Crunchyroll/ TV Tokyo / SKET Dance

Anime bergenre School memang banyak bertebaran, namun hanya sedikit yang menyorot kehidupan sekolah secara menyeluruh dengan kebahagiaan dan kesulitan disana. Bagi saya Sket Dance menampilkan dinamika kehidupan sekolah yang ideal dan benar-benar adanya.

Kehidupan sekolah memang tidak sepenuhnya menyenangkan tapi juga tidak selalu menyeramkan. Tapi disekolah adalah tempat dimana kita di usia remaja berproses untuk berkembang. Inilah yang diajarkan lewat klub pembantu kehidupan sekolah SKET Dance.

Support, Kindness, Encouragement, Troubleshoot (SKET Dance)

sket dance funny
© Kenta Shinohara• Tatsunoko Production• Shueisha/ Crunchyroll/ TV Tokyo / SKET Dance

Sesuai dengan namanya, anime ini bercerita tentang sebuah klub di sekolah yang membantu masalah apapun yang dihadapi oleh siswa. Klub yang terdiri dari 3 orang penuh masalah ini sering kali dianggap tidak berguna, terutama oleh OSIS. Namun para siswa menilai SKET DANCE telah banyak membantu masalah mereka, mulai dari kehilangan barang hingga menyelesaikan tindak kekerasan di sekolah.

Bisa dibilang hadirnya SKET Dance lah yang membuat dinamikan kehidupan sekolah Kaimei begitu menyenagkan untuk selalu dilihat. Bukan karena kehidupan mereka tanpa masalah, namun cara mereka menyelesaikan masalah para siswa dan masalah diantara mereka merupakan hal yang sangat pantas untuk ditonton dan dicontoh.

Plot Twist : tertawa dan sedih yang menjadi satu

bossun himeko switch
© Kenta Shinohara• Tatsunoko Production• Shueisha/ Crunchyroll/ TV Tokyo / SKET Dance

Anime bergenre Slice of Life sangat jarang disusupi plot twist, namun beda halnya dengan SKET Dance. Anime bergenre komedi ini dari awal memang menceritakan dinamikan kehidupan sekolah yang menyenangkan dan lucu. Namun di episode pertengahan, penonton akan berjumpa dengan cerita yang bisa membuat penonton menangis.

Inilah yang membuat Sket Dance berbeda dengan anime kebanyakan, yang berawal dari happy menuju sad di ending atau sebaliknya. SKET Dance mampu memadukan keduanya sehingga membuat penonton merasakan bahagaia dan sedih diwaktu yang sama.

Karakter yang beragam

sket dance karakter
© Kenta Shinohara• Tatsunoko Production• Shueisha/ Crunchyroll/ TV Tokyo / SKET Dance

Sket Dance menampilkan karakter pendukung yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Setiap karakter pendukung bahkan mendapatkan beberapa episode yang bercerita tentang pendalaman karakter tersebut. Karena itulah SKET Dance mempu menampilkan seluruh dinamika kehidupan sekolah dengan baik. Ceritanya juga tidak monoton hanya tertuju pada satu karakter.

Ada siswi bernama menukai hal-hal mistis dan mempunyai raut wajah seperti Sadako (baca: kuntilanak), Siswa klub kendo yang selalu berpakaian seperti Samurai di sekolah. Siswi yang suka membuat manga tetapi gambarnya sangat hancur (namun anehnya bisa terkenal), Siswi besar (baca: gendut) yang selalu menganggap dirinya cantik dan menjadi pusat perhatian. Belum lagi dengan anggota OSIS dengan karakternya yang menyebalkan.

Guru pemalas yang selalu membuat bahan-bahan berbahaya yang selalu mengakibatkan masalah bagi SKET Dance. Guru perempuan selalu ceroboh, guru menyeramkan yang selalu mencari jodoh melalui pertunangan, siswi raksasa dan siswa pencinta rock metal yang jatuh cinta. Dan masih banyak lainnya.

Hubungan dengan Gintama

bossun gintama
© Kenta Shinohara• Tatsunoko Production• Shueisha/ Crunchyroll/ TV Tokyo / SKET Dance

Bila kalian menonton hingga tamat, akan ada episode khusus dimana karakter Gintama yakni Gintoki, Shinpachi dan Kagura yang tiba-tiba muncul di ruangan klub SKET Dance. Episode ini adalah kolaborasi antara SKET Dance dan Gintama.

Kebanyakan penggemar Gintama akan mengira cerita SKET Dance adalah hasil jiplak dari cerita Gintama. Hal ini dikarenakan ada beberapa kesamaan, misalnya kelompok pembantu yang menerima masalah apapun. Walau ada beberapa kesamaan, bagi saya kedua anime ini sangat berbeda dari segi alur dan latar cerita. Adapun beberapa kesamaan tersebut tidak membuat SKET Dance kehilangan orisinalitasnya.

Tapi buat kalian yang bingung hubungan antara SKET Dance dan Gintama, Author atau mangaka SKET Dance Kenta Shinohara adalah asistennya Hideaki Sorachi yakni mangaka Gintama. Pembuat cerita dari kedua manga sekaligus anime ini dulunya adalah rekan kerja. Episode kolaborasi tersebut menandakan bahwa walaupun ada beberapa hal yang sama dalam kedua anime tersebut, hubungan keduanya masih baik-baik saja.

Tentang SKET Dance

sket dance
© Kenta Shinohara• Tatsunoko Production• Shueisha/ Crunchyroll/ TV Tokyo / SKET Dance

SKET Dance diangkat dari manga yang berjudul sama dan diterbitkan pertama kali tahun 2007 hingga 2013 di Weekly Shonen Jump. Versi manga telah tamat hingga volume 32. Penggemar SKET Dance di Indonesia dapat membelinya di Toko buku atau penerbit Elex Media Komputindo.

Manga karya Kenta Shinohara ini diadaptasi menjadi anime tahun 2011 hingga 2012 dengan jumlah 77 episode. Tidak semua cerita manga mendapatkan adaptasi animenya, jadi kalian yang ingin melanjutkan cerita setelah menonton animenya dapat membaca manga dari volume 24 sampai volume 32.

SKET Dance beranggotakan 3 orang yaitu Fujisake Yuusuke (Bossun), Onizuka Hime (Himeko), Uzui Kazuyoshi (Switch). Ketiganya adalah karakter utama anime SKET Dance. Keseharian mereka adalah menunggu orang datang ke ruangan klub mereka untuk diselesaikan masalahnya. Kehidupan sekolah mereka dimulai dari ruangan klub SKET Dance.

Petamilenial.com