Tanya-Jawab Atas Pertanyaan Tentang Virus Corona yang Paling Banyak Ditanyakan | Petamilenial

Tanya-Jawab Atas Pertanyaan Tentang Virus Corona yang Paling Banyak Ditanyakan

Laman Questin Hub dan Quora telah menyatat beberapa pertanyaan yang sering dicari peselancar internet mengenai Virus Corona atau Covid-19. pertanyaan ini kami kerucutkan menjadi beberapa pertanyaan yang dapat kami jawab. Topik mengenai Covid-19 pun adalah topik dengan pencarian peringkat teratas di mesin penelusuran Google.

1. Dari mana Virus Corona atau Covid-19 berasal?

pertanyaan ini sangat umum di lontarkan saat wabah Covid-19 atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merebak di penjuru dunia. Corona jenis baru ini ditemukan pertama kali di kota Wuhan saat beberapa orang mendatangi rumah sakit umum kota wuhan mengeluhkan penyakit yang sama, yakni infeksi saluran pernapasan. saat diketahui bahwa penyakit ini menular dengan sangat mudah, beberapa tempat yang disinyalir menjadi awal mula penyebaran virus ditutup oleh pemerintah China.

pasar ikan di wuhan disinyalir menjadi tempat awal mula virus berasal. para ilmuwan meyakini virus Corona berasal dari kelalawar sehingga dikategorikan sebagai penyakit zoonosis, yakni penyakit dari hewan yang ditularkan ke manusia. pada tubuh kelelawar virus mengalami mutasi genetik sehingga virus dalam tubuh kelelawar mampu menginfeksi pernapasan manusia dan berkembang biak didalamnya.

pendapat lain mengatakan bahwa Covid-19 adalah virus yang berasal dari produk laboratorium, atau umum disebut sebagai senjata biologis. namun pendapat ilmuwan yang mengatakan adanya kemiripan genom virus corona pada tubuh manusia yang terjangkiti dengan yang berada pada tubuh kelelawar membantah telak pendapat yang mengatakan Corona adalah produk laboratorium yang digunakan sebagai senjata bilogis.

kebiasaan masyarakat yang sering memakan hewan liar seperti kelelawar diduga menjadi penyebab virus dengan mudah menjangkiti masyarakat setempat.

2. Kenapa virus corona itu di takuti?

Covid-19 dalam beberapa bulan telah menjangkiti sebanyak 345.290 masyarakat global dan menyebabkan sebanyak 14.925 meninggal dunia. selama rentang Februari dan Maret virus corona telah menginfeksi sebanyak 579 orang (data kemenkes 24/3). data ini bahwa virus corona dapat menyebar dengan cepat terutama jika tidak disertai ketanggapan pemerintah dan kesadaran penuh masyarakat.

Virus Corona menyebabkan gangguan pernapasan akut seperti Pneumonia bahkan berujung pada kematian. seorang warga negara inggris Tara Jane Langston berusia 39 tahun menceritakan pengalamannya ketika terinfeksi corona. melalui sebuah video saat ia berada di ruang ICU, ia menghimbau agar semua orang tidak meremehkan himbauan pemerintah untuk Social Distancing. saat bernapas, ia merasakan seperti ada pecahan kaca di paru-parunya.

walaupun ilmuwan berpendapat bahwa corona tidak menyebar melalui udara, akan tetapi virus ini dapat bertahan berjam-jam di barang atau benda yang sering disentuh banyak orang. ketakutan yang menyebabkan tindakan parno berlebihan tidak akan berguna untuk menanggulangi dampak corona. bahkan dapat menyebabkan kerugian bagi diri sendiri dan terutama pada orang lain. kelangkaan masker di Indonesia merupakan salah satu contoh bentuk ketakukan yang berlebihan terhadap wabah ini.

rasa takut yang membuat kita lebih waspada dan peduli pada orang sekitar adalah yang dibutuhkan untuk saat ini. sikap mawas diri membuat diri bukan hanya peduli pada diri sendiri namun juga kepada orang lain. namun ada beberapa kabar baik terkait wabah Covid-19 ini, lmuwan dari seluruh dunia telah menelitinya dan mengetahui beberapa hal tentang wabah ini.

Vaksin telah dibuat dan dikembangkan dan sedang masuk proses uji klinis. disisi lain angka kesembuhan juga lebih tinggi daripada angka kematian. dan kita semua bisa membantu.

3. Apa tugas satgas pencegahan virus corona?

Satgas atau Satuan Tugas adalah formasi yang dibentuk untuk menyelesaikan tugas atau permasalahn tertentu. satgas penanganan corona dibentuk berdasarkan Keppres nomor 7 tahun 2020 yang mengamanatkan pembentukan satgas pada kementrian, BNPB dan Pemerintah Daerah. termasuk dalam hal ini kerjasamanya dengan Badan Usaha Milik Negara atau Swasta dan pihak lainnya yang dianggap perlu.

adapun tugas dalam hal pemantauan pelaksanaan percepatan penanganan Covid-19 terdapat pada pasal 6 yang memuat 5 tugas, yakni

  1. menetapkan dan melaksanakan rencana operasional percepatan penanganan COVID-19;
  2. mengoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan COVID-I9;
  3. melakukan pengawasan pelaksanaan percepatan penanganan COVID-19;
  4. mengerahkan sumber daya untuk pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan COVID-L9; dan
  5. melaporkan pelaksanaan percepatan penanganan COVID-L9 kepada Presiden dan Pengarah.

adapun Keppres nomor 7 tahun 2020 ini bertujuan untuk mensinergikan pelaksanaan penanganan agar terarah dan terkoordinasi antara unsur pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah

4. Bagaimana saya dapat melindungi diri dari wabah corona?

Munculnya pandemi corona telah mnyebabkan banyak kekhawatiran bagi khlayak ramai. Banyak masyarakat mulai sadar untuk mengambil langkah preventif setelah mengetahui banyaknya korban jiwa,namun belum terlambat bagi kita untuk melakukan upaya pencegahan penularan virus corona tersebut. Diantaranya adalah Mencuci kedua tangan

1. Mulailah Rutin Mencuci Kedua Tangan

Mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun. Mencucinya sebersih mungkin mulai dari sela sela jari hingga permukaan dan punggung tangan. Jika tidak ada air bersih dan sabun maka dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 60%­-95% . yang paling penting di saat setelah melakukan suatu kegiatan ataupun sebelum makan jangan sampai lupa mencuci kedua tangan. Dengan mencuci tangan akan meminimalisir terinfeksinya kita dari virus corona yang mungkin dan pada saat itu menempal pada tangan kita secara tidak sadar.

2. Tidak Menyentuh Bagian Wajah

Mengurangi menyentuh bagian wajah terutama hidung mata dan mulut ketika dalam kegiatan sehari hari. Kita tidak tahu apakah tangan kita bersih dari aktivitas sehari hari apa saja yang telah kita sentuh. Apabila memang harus menyentuh wajah makan janganmenyentuhnya secara langsung. Menggunakan tisu ataupun mencuci kedua tangan terlebih dahulu .

3.Hindari Kontak Langsung dengan Orang Orang yang Batuk, Bersin, maupun Demam

Menghindari kontak langsung dengan orang yang batuk,bersin maupun demam wajib dilakukan. Karena virus corona menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan dan gejala gejala di atas merupakan gejala yag lazim terjadi ketika seseorang terinfeksi virus corona,meskipun di beberapa kasus ada yang tidak menampakkan gejala sama sekali. Apabila memang bertemu dengan orang yang demikian,maka kita harus bisa menjaga jarak minimal satu meter dengannya. 

4.Terapkan Etika Batuk dan Gunakan Masker Jika Sakit

Apabila kita sedang d luar rumah dan sedang sakit batuk serta bersin bersin maka gunakanlah masker untuk mencegah tertularnya orang lain maupun melindungi diri kita dari bakteri dan debu debu lainnya. Jika tidak membawa masker,maka terapkanlah etika batuk dan bersin setidaknya dengan menerapkan etika tersebut batuk dan pilek kita tidak ditularkan pada orang lain.

5.Hindari Kerumunan dan Tidak Sembarangan Berjabat Tangan

Kerumunan sangatlah rawan akan tertularnya virus corona, kita tidak tahu siapa yang menularkan kepada kita ataupun siapa yang kita tularkan maka dari itu hindarilah tempat yang memiliki kerumunan seperti pasar dan tempat tongkrongan. Jangan pergi ke tempat-tempat kerumunan jika tidak mendesak. Budaya jabat tangan memang dianggap sebagai budaya tata krama yang telah melekat dalam kehidupan sehari hari,namun pada saat wabah corona ini menyebar kurangilah atau bahkan hentikan berjabat tangan dahulu pada saat bertemu seseorang,karena kita tidak tahu apakah dengan berjabat tangan tadi ada potensi tertularnya kita oleh virus corona.

6. Rajin Menjaga Kebersihan

Kebersihan merupakan salah satu faktor penting yang dapat menghindarkan kita dari tertularnya virus corona. Rajin membersihkan tempat dan juga barang barang yang sering kita gunakan juga berpengaruh besar terhadap penyebaran virus tersebut. Seperti membersihkan permukaan gagang pintu,laptop,kamar dan bahkan handphone.

5. Berapa lama virus corona dapat bertahan di benda atau udara?

Diketahui bahwa penyebaran virus corona tidak hanya melalui kontak langsung dengan penderita akan tetapi dapat juga melalui media-media yang terpapar virus tersebut. Virus tersebut masih bisa bertahan  di benda benda yang ada di sekitar bahkan bertahan di udara. Namun lamanya waktu bertahan hidup si virus berbeda-beda tergantung benda yang telah diapaparinya.

1. Alumunium
Pada alumunium virus corona bertahan selama 2-8 jam.

2. Sarung tangan operasi
Sarung tangan medis yang digunakan oleh tenaga kesehatan tentu rawan akan terpapar virus corona, pada media ini virus tersebut bertahan hingga 8 jam.

3. Kertas
Media kertas cukup menjadi tempat yang nyaman bagi sang virus karena dapat bertahan hingg 4-5 hari.

4.Kayu dan Kaca
Barang barang yang terbuat dari kayu dan kaca kerap kali kita temui dan sentuh dalam aktivitas sehari hari , pada media 4 hari.

5.Besi
Pada media besi virus corona bertahan selama 48 jam

6.Plastik
Pada plastik virus tersebut bertahan selama 2-3 hari, hayo yang sering menggunakan peralatan dari plastik

7.Karton
Pada media karton sang virus hanya bertahan selama 24 jam agak lebih singkat dibanding media lainnya namun bukan berarti diremehkan loh

8.Udara
Di udara virus corona bertahan hanya 3 jam terbilang sangat singkat waktunya namun penyebaran melalui udara termasuk sangat cepat jika kita berkontak langsung dengan penderita,makanya sebisa mungkin kita menghindar dari penderita.


Penulis : Wira Perdana, Robin
Penyunting : Admin