Depresi atau Hanya Sedih? Ketahui Perbedaan dan Cara Mengobatinya | Petamilenial

Depresi atau Hanya Sedih? Ketahui Perbedaan dan Cara Mengobatinya

“gua depresi banget”, ”sudah pergi sana, “gua lagi depresi gak usah ganggu”

Jadi gimana nih udah baca kalimat di atas, duh gimana tuh perasaannya dan pernahkah petalovers

mendengar perkataan tersebut atau petalovers sendiri yang mengatakannya? Hmmm…. Gimana yah?.

Kalo mimin sendiri sering mendengar perkataan seperti itu baik secara langsung maupun dari media sosial, mendengar secara langsung ketika bertemu dengan teman yang sedang banyak masalah dan saat dengerin curhatan temen yang habis putus dari pacarnya tapi… apakah benar mereka yang mengatakan hal tersebut benar benar depresi? Atau cuman sekedar sedih? Sebenarnya depresi itu apa? apakah sama sedih dan depress?

Biar ga bingung-bingung lagi yok kita bahas

Langsung sikat!!!!!!!

Pengertian

Mengutip dari Wikipedia, depresi dapat diartikan  sebagai suatu kondisi medis berupa perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang. Sedangkan Kesedihan diartikan sebagai suatu emosi yang ditandai oleh perasaan  tidak beruntung, kehilangan, dan ketidakberdayaan.

Sekilas keduanya memiliki kesamaan yang hampir tak bisa dibedakan tapi sebenarnya keduanya adalah hal yang berbeda loh

Kemunculan

Kesedihan biasanya muncul ketika kita mendapat berbagai kesusahan yang dialami seseorang dalam  hidupnya seperti putus cinta, dipecat dari pekerjaan dan sebagainya atau dapat disimpulkan bahwa munculnya kesedihan  itu karena adanya faktor yang jelas.

Sedangkan depresi tidak selalu muncul saat terjadi peristiwa kongkrit yang menimpa dirinya namun kerap kali muncul tanpa ada alasan yang jelas.

Jangka waktu

Kesedihan lebih bersifat sementara dan akan hilang manakala hal tersebut telah teralihkan dengan hal yang menyenangkan atau dilalui. Sedangkan depresi jangka waktunya lebih lama dan terkadang seolah menghilang padahal masih “menempel” pada seseorang dan mempengaruhi penderita dalam kehidupannya. Untuk depresi tidak pernah hilang secara penuh secara alami, penderita depresi harus melakukan konsultasi ataupun pengobatan ke psikiater.

Gejala

Kesedihan biasanya terluapkan melalui tangis. Orang yang sedih biasanya secara alami akan meluapkannya dalam tangisan ataupun dengan diam menjauh dari sumber kesedihan.Orang yang depresi tidak hanya diikuti oleh perasaan sedih namun ada banyak gejala yang mengikutinya  seperti perasaan sedih,cemas sepanjang waktu ataupun muncul secara tiba tiba, mudah marah dan tersinggung.dan paling parahnya muncul pikiran untuk bunuh diri

anak-anak suriah dan palestina sejatinya patut depresi karena kondisi mereka, tetapi mereka selalu optimis dan bangkit (sumber : sahabat al-aqsha)

Penyembuhan

Kesedihan dapat disembuhkan dengan hal hal yang bisa membuat kesedihannya hilang seperti pergi berpiknik, menonton film kesukaan, melakukan hobi bersama teman. namun agak berbeda dengan depresi hal hal seperti diatas mungkin mampu untuk melupakan perasaan depresinya untuk sementara namun masih harus ditangani lebih serius dengan menemui psikiater dan pengobatan berkala dan bahkan ada kasus yang mengharuskan penderita depresi sampai mengonsumsi obat antidepressan demi kesembuhannya.

Nah itu informasi bagi sahabat petalovers,jadi harapannya bisa tahu dan paham dengan apa yang namanya depresi dan bedanya dengan kesedihan. Depresi selalu dan  memang berhubungan dengan mental seseorang. Kesehatan  mental merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan dengan serius, penanganannya pun harus seserius penanganan kesehatan fisik karena dampaknya pun sama sama buruk bagi seseorang

Sahabat petalovers yang sudah tahu bedanya,? Pasti dong dan sudah tahu juga kan cara mengahadapinya. Nanti kalo ada teman yang terlihat sedih atau murung harus dihibur ya,misalnya ada teman yang ngomong bahwa dia depresi..sahabat petalovers jangan langsung menghakimi tapi dengarkan saja dulu,karena baik penderita kesedihan maupun depresi sama sama butuh tempat untuk bercerita dan menghilangkan rasa tersebut dari dirinya…..

Gimana gimana informasi minggu ini ,cukup mengedukasi kan? Iya dong petamilenial gitu 😉

Jangan lupa untuk selalu pantengin update update dari petamilenial ya…..

See ya petalovers.