Setiap orang harus punya Idola. Setiap orang, bahkan setiap dari kita tanpa kita sadari, punya seseorang atau sosok yang menginspirasi atau minimal membuat kita terkagum-kagum. Jadi mempunya idola itu pada dasarnya bukanlah sebuah tuntutan dari luar diri kita, akan tetapi tuntutan dari dalam diri kita sendiri atau yang biasa kita sebut sebagai naluri. Hal ini tentu berlaku juga pada kaum milenial.

Sosok yang menginspirasi ini bisa tokoh fiktif atau tokoh yang benar benar ada, tergantung bagaimana kecenderungan kita. Akan tetapi hal yang pasti adalah setiap dari kita punya sosok yang menginspirasi kan? Karena itu milenial harus punya idola yang benar-benar menginspirasi ya.

Masalah-masalah sosial yang terjadi pada masyarakat kita bisa jadi karena generasi kaum milenial kebanyakan memilih idola yang salah, karena itu kami akan merekomendasikan tokoh-tokoh yang sudah diakui oleh masyarakat dunia yang kami rangkum dari buku karya Michael H. Hart yang berjudul the 100, a Ranking of the Most Infleluential Person in History

1. Muhammad SAW

Dalam bukunya Michael menempatkan nama manusia paling agung ini pada nomor 1 diatas 100 tokoh berpengaruh yang ditulisnya. Hal ini bukanlah tanpa alasan. Muhammad Saw sendiri adalah pemimpin bagi milyaran umat Islam seluruh dunia dari zamannya hingga zaman sekarang. Beliau adalah pemimpin dalam hal dunia, juga pemimpin dalam hal akhirat atau keagamaan. Perkataannya (sunnahnya) bagaikan titah yang akan dilakukan oleh pengikutnya dari dulu hingga sekarang.

Nabi Muhammad lahir ditengah-tengah bangsa yang tidak berperadaban, ditengah-tengah peradaban bangsa arab yang terbelakang. Lahir dalam keadaan yatim piatu, sedari kecil terjaga dari perbuatan jahil masyarakat arab pada masa itu. Digelari Al Amin yang bermakna orang yang terpercaya, menunjukkan sedari kecil, masyarakat arab telah menilai bahwa tidak ada kecacatan pasa sifat mulia Nabi, bahkan sebelum beliau diangkat menjadi nabi dan rasul oleh Allah taala.

Ketika masa kerasulan datang, Muhammad diangkat menjadi Nabi dan Rasul-nya Allah ta’ala. Beliau datang ketengah-tengah masyarakat arab membawa visi dan misi yang besar, yakni perubahan. Disinilah alasan logis kenapa beliau adalah tokoh yang paling utama diantara sejarah umat manusia. Kesabarannya atas reaksi buruk para pemimpin arab yang menolak ajaran Islam, ketabahannya dalam menghadapi ujian hidup, cara mulia beliau menghimpun para pengikutnya dengan cara yang diterima oleh akal, hingga beliau berhasil mengubah peradaban arab yang terbelakang menjadi peradaban yang berkemajuan bahkan membuat gentar negara adidaya pada saat itu, Romawi dan Persia.

Saya pribadi merasa bahwa tulisan ini tidak akan cukup untuk menunjukkan bagaimana menginspirasinya sosok Muhammad, karena itu kami merekomendasikan literatur berupa buku untuk dibaca oleh [akar sejarah yang terpercaya, misalnya buku yang ditulis oleh Mubarakfuri yang berjudul Shirah Nabawiyyah

2. Isa bin Maryam

Sosok ini begitu menginspirasi dan mempunya pengaruh hingga saat ini. Kisahnya begitu mulia diceritakan dalam kitab suci umat Islam yakni Al-Qur’an. Beliau lahir dari seorang perempuan suci yang tidak pernah disentuh oleh laki-laki manapun. Ibunya adalah seseorang yang terpilih dari keluarga yang mulia, yakni keluarga Imran.

Jadi nabi Isa dari lahir dari seorang wanita suci yang tidak pernah disentuh laki-laki manapun. Hal ini bukanlah hal yang mustahil bagi Allah. Kita bias membayangkan cobaan dari Allah yang menimpa  nabi Isa juga ibunya yakni Maryam. Kesabarannya atas cemohan dan tuduhan yang mengatakan bahwa Maryam bukanlah wanita yang baik. Kisah menginspirasi wanita mulia ini ketika dengan sabar tidak balas mencemoh orang yang menuduhnya hingga datang pertolongan Allah.

Nabi Isa sebagaimana nabi dan Rasul Allah sebelumnya, senantiasa ditimpa ujian dalam dakwahnya. Bukanlah hasil dari usaha dakwah beliau yang menjadi tolak ukur keberhasilan, akan tetapi kesabaran yang amat teguh, penantian yang amat Panjang, kepercyaan atas pertolongan Allah yang akan datang. Bahkan ketika beliau hanya berhasil menghimpun pengikut sebanyak 12 orang yang disebut dalam Al-Quran sebagai Hawariyyun beliau dikhianati oleh salah satu dari pengikutnya tersebut. Akan tetapi atas kesabaran dan keimanan kepada tuhannya lah yang membuat pertolongan dari Allah datang, beliau diangkat ke langit oleh Allah sebelum dibunuh oleh pihak yang mengadakan konspirasi terhadap nabi Isa. Sungguh menginspirasi.

3. Umar bin Khattab

Kisah masuknya Umar bin Khattab kedalam hidayah Islam mungkin adalah salah satu peristiwa paling fenomenal dalam sejarah Islam. Beliau adalah orang yang terpandang dikalangan orang arab, selain karena garis keturunan atau nasab, juga karena kekuatan dan kecerdasan beliau. Umar adalah orang yang sangat terkenal keras terhadap dakwah Nabi Muhammad, bahkan pernah berencana membunuh Muhammad, akan tetapi niat tersebut “gagal” karena kecerdasan beliau sendiri, hingga beliau masuk Islam.

Adalah Umar yang memilik kecerdasan dan kekuatan, tidak pernah gentar terhadap siapapun. Masuknya beliau kedalam islam membuat seantero Makkah terkejut. Beliau menyatakan keislamannya secara terang-terangan dihadapan para pepimpin Makkah, da menantang siapaun yang tidak senang terhadap keislamannya. Beliau adalah contoh orang orang yang memberikan segalanya serta melindungi apa yang dipercayainya sebagai kebenaran. Wallahu a’lam