Deretan Manga yang Tamat di Tahun 2020, Mana yang Terbaik?

rin okumura reading book

Tahun 2020 menjadi tahun dimana beberapa manga Populer tamat dan mengakhiri kisahnya. Bahkan deretan manga yang tamat di tahun 2020 rata-rata adalah manga terbaik dengan tren penjualan yang tinggi. Tak heran jika tamatnya beberapa manga tersebut membuat penggemar merasa sedih sekaligus bahagia.

Contohnya adalah Kimetsu no Yaiba atau Demon Slayer yang viral terutama ketika cerita manganya mendekati akhir klimaks. Tamatnya Kimetsu no Yaiba tahun ini menuai rasa sedih sekaligus apresiasi dari para penggemarnya termasuk dari rekan sesama mangaka.

Belum lagi sederet manga populer lainnya seperti Haikyuu!! dan Nanatsu no Taizai. Petamilenial akan mengurai beberapa manga yang tamat di tahun 2020 ini, sehingga kamu bisa membacanya manga ini secara marathon tanpa perlu menunggu update terbarunya.

Haikyuu!!

manga haikyuu tamat
© Furutate Haruichi/ Shueisha/ Production I.G/ Haukyuu!!

Haikyuu!! merupakan seri manga dan anime populer yang berkali-kali menguasai 10 besar Top Oricon dengan penjualan manga tertinggi. Walaupun manga ini bertema sport namun ternyata mangakanya adalah seorang perempuan. Furudate Haruichi sensei merupakan otak dari cerita Haikyuu!! yang luar biasa.

Haikyuu!! tamat di akhir bulan Juli tahun 2020 dengan chapter terakhirnya yakni 402. Tentu saja tamatnya Haikyuu!! membuat media sosial heboh dan sempat trending beberapa minggu di twitter. Manga yang telah menemani penggemar selama 8 tahun ini berakhir dengan ending yang elegan dan epic.

Bagi kamu yang belum baca manga Haikyuu!! mungkin ini adalah saat yang tepat untuk menamatkan ceritanya. Haikyuu!! mengangkat cerita oalahraga Volly yang bisa membuat mu tiba-tiba jatuh cinta dengan olahraga ini.

Kimetsu no Yaiba

kimetsu no yaiba manga tamat
© Koyoharu Goutoge/ Shueisha/ Ufotable/ Kimetsu no Yaiba

Kimetsu no Yaiba bisa dibilang adalah pendatang baru bagi industri anime dan manga, namun kepopulerannya diatas rata-rata. Koyoharu Goutoge adalah mangaka yang menulis Kimetsu no Yaiba (Demon Slayer) dan merilisnya tahun 2016 dan menamatkannya di bulan Mei tahun 2020.

Kimetsu no Yaiba bisa dibilang bersaing dengan Haikyu!! di 10 besar Top Oricon. Kimetsu no Yaiba juga sering menempati manga dengan penjualan tertinggi di Jepang. Kepopuleran manga ini bertambah ketika adaptasi animenya dirilis pada musim semi tahun 2019.

Manga yang bercerita tentang pemburu iblis ini berakhir di chapter 205. Walaupun dianggap sebagai pendatang baru, tapi Koyoharu Goutoge berhasil mendapat apresiasi dari mangaka lain atas karyanya yang mempopulerkan industri manga di dunia internasional.

The Promised Neverland

the promised neverland manga tamat
© Kaiu Shirai• Posuka Demizu/ Shueisha/ CloverWorks/ Aniplex

Tak kalah populer dengan Haikyuu dan Demon Slayer, Manga Yakusoku Neverland juga kerapkali masuk 10 besar top oricon dengan penjualan manga yang tinggi. Namun sayangnya sang mangaka telah mengakhirkan cerita manga ini pada bulan Juni lalu.

Tahun 2020 sepertinya memang menjadi tahun perpisahan para penggemar dengan manga populer. Kabar berakhirnya manga ini sudah terhembus sebelumnya ketika sang mangaka, Kaiu Shirai mengatakan tidak ingin cerita Yakusoku Neverland terlalu panjang. Bab terakhir pun ditutup dengan Chapter 181.

Sekarang adalah waktu bagi manga reader untuk menghabiskan manga ini! Yakusoku Neverland berhasil membuat ending yang membuat haru dan disajikan dengan elegan.

Nanatsu no Taizai

situs baca manga online terbaik
© Nakaba Suzuki/ Kodansha/ A-1 Pictures/ Nanatsu no Taizai

Manga yang menceritakan pahlawan yang melambangkan 7 dosa besar ini telah tamat di bulan Maret lalu. Chapter 346 merupakan akhir yang pas untuk cerita Nanatsu no Taizai. Ending yang membahagiakan untuk setiap karakter yang berasal dari klan-klan yang berbeda.

Manga karya Nakaba Suzuki ini pertama kali rilis tahun 2012 dan berakhir di tahun ini. Sudah 8 tahun lamanya perjalanan Meliodas dan dosa besar lainnya melindungi kerajaan dan melawan 10 perintah tuhan. Manga yang sudah tamat ini cocok untuk dijadikan bacaan koleksi kamu.

Oresuki

manga oresuki tamat
© Rakuda/ Yujima/ Shueisha/ Aniplex/ Oresuki

Manga yang berjudul lengkap Ore o Suki nano wa Omae dake kayo awalnya merupakan seri novel ringan, kemudian diadaptasi menjadi anime dan manga. Manga bergenre romance ini berhasil menyajikan konflik persaingan dalam hal percintaan. Karakter Kisaragi yang plin-plan hingga akhir cerita juga berhasil membuat penggemar merasa gemas dengan sikapnya tersebut.

Manga Oresuki sendiri telah tamat di bulan agustus ini dengan ending kembalinya Kisaragi ke Sumire. Versi manga adalah adaptasi dari seri novelnya. Karena itu jika ingin membaca cerita lengkapnya lebih baik baca versi novelnya saja. Overall manganya tetap layak untuk dibaca.

Hinamatsuri

hinamatsuri manga
© Masao Ōtake/ Enterbrain/ Crunchyroll/ Hinamatsuri

Anime Hinamatsuri jadi pilihan untuk kalian yang mencari tontonan slice of life yang lucu. Hinamatsuri dikenal karena adaptasi animenya yang rilis tahun 2018. Sedikit yang mengetahui ternyata anime ini diangkat dari versi manganya.

Bahkan manga-nya lebih berumur dibanding Haikyuu!! dan Nanatsu no Taizai. Himatasuri dirlis pertama kali di majalah Harta tahun 2010 dan ditulis oleh Masao Otake. Anime yang menceritakan kisah lucu seorang Yakuza semenjak kedatangan anak kecil bernama Hina ini sangat direkomendasikan untuk dibaca manga-nya!

Manga Hinamatsuri bergenre Seinen dan akan tamat di bulan agustus ini.

Tenki no Ko

tenki no ko
© Makoto Shinkai/ Watari Kubot/ Kodansha/ Weathering with You

Nah siapa yang tidak mengira bahwa Tenki no Ko memiliki versi manga?. Anime yang terkenal karena movienya yang sempat viral ini memiliki adaptasi manga dan novel ringannya. Setelah movie nya sukses, cerita tersebut diadaptasi menjadi serial manga dan novel ringan.

Weathering with You merupakan karya fenomenal Makoto Shinkai setelah Your Name. Adaptasi manga Tenki no Ko adalah untuk menjangkau penggemar yang lebih nyaman membaca manga ketimbang menonton film. Di bulan agustus ini manganya dikabarkan akan segera tamat. Penasaran dengan karakter yang ditampilkan di versi manga? baca saja versi manganya ya!

Nah itu adalah sederet manga populer yang telah tamat di tahun 2020 ini. Beberapanya bahkan akan tamat di bulan agustus ini. Nah bagi kalian yang ingin membacanya hingga tamat, disarankan untuk menghargai mangaka yang telah menyelesaikan ceritanya dengan membaca manga lewat akses legal ya!

Petamilenial.com
Featured image by : © Kazue Kato/ Shueisha/ A-1 Pictures/ Aniplex