Dapatkan informasi terkait COVID-19

Kiat Sukses Memulai Usaha Dengan Modal 5 Juta Sampai 10 Juta

Membuka usaha merupakan salah satu kebutuhan semua orang demi mendapatkan penghasilan untuk mencukupi keperluan sehari-hari. Secara umum, di internet sudah banyak sekali pembahasan artikel yang memberikan panduan atau tips memulai usaha dengan modal kecil, hanya saja tidak semua orang bisa memahami dengan baik informasi yang disampaikan sehingga sulit sekali menerapkannya dalam kehidupan mereka.  

Nah, pada artikel ini kami ingin berbagi tutorial untuk anda yang memiliki modal 5 – 10 juta, ada baiknya jika membuka usaha harus memperhatikan beberapa hal penting yang cukup berpengaruh terhadap perkembangan usaha anda.

Penasaran dengan informasinya ? Silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Tutorial Membuka Usaha Modal Kecil 5 – 10 Jutaan Saja

Membuka usaha dan mendapatkan keuntungan besar itu bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, dibutuhkan waktu yang cukup lama agar usaha anda yang tekuni dari nol ini benar-benar bisa memberikan pendapatan yang stabil, sehingga anda bisa memperoleh keuntungan secara berkala.

Masalahnya disini, tidak semua orang mampu melakukan hal tersebut dan lebih banyak yang menyerah dibandingkan untuk terus berjuang bertahan dan memperbaiki kesalahan mereka dalam berbisnis. Mungkin dengan adanya tips dari kami dibawah ini bisa sedikit memberikan gambaran kepada anda seperti apa caranya membangun usaha modal kecil namun menguntungkan dimasa mendatang.

Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

modal memulai usaha
kiat memulai usaha (sumber foto : unsplash.com/@timmossholder)

1. Tentukan tujuan anda membuka usaha

Tips penting sebelum memulai membuka usaha atau bisnis, ada baiknya anda tentukan dahulu tujuan anda membuka bisnis untuk apa. Tidak semua orang memiliki tujuan yang pasti, awalnya hanya untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Jika memang kebutuhan anda seperti itu, kami rasa anda tidak cocok untuk menjadi orang sukses.

Tentukan tujuan atau target yang lebih besar, contohnya 1 tahun ke depan bisa memiliki restoran sendiri ataupun toko sendiri. Jika anda memiliki tujuan yang besar, maka kami pastikan akan lebih semangat bekerja. Tujuan yang lebih besar bisa membuahkan penghasilan yang besar juga, berbeda kalau anda sudah mematok tujuan yang kecil contohnya seperti tadi untuk memenuhi kebutuhan harian.

Artinya anda bekerja tidak bisa maksimal, targetnya hanya untuk hari itu saja. setelah dapat untung langsung habis dalam satu hari, nah ini yang perlu di pikirkan matang-matang. Bukalah bisnis yang benar-benar menjanjikan dengan modal 5 – 10 jutaan.

2. Lokasi bisnis menjadi salah satu hal penting

Berikutnya yang kedua adalah mengenai lokasi bisnis, membuka usaha tetapi tidak memiliki lokasi juga menjadi masalah. Padahal lokasi usaha / bisnis ini nanti yang akan mendatangkan calon pembeli kepada anda. Sebagai contoh disini, kalau anda berjualan jajanan ringan dan lain-lain, maka usaha ini bisa dibuka di depan rumah, di area sekolahan dan beberapa tempat umuml lainnya.

Kalau anda membuka usaha atau bisnis bengkel, maka lebih bagus kalau bukanya di pinggir jalan raya yang ramai lalu lalang orang melintas. Intinya, dengan modal 5 – 10 juta tadi, carilah lokasi bisnis yang benar-benar strategis.

Jangan mencari tempat untuk membuka bisnis yang sama sekali tidak ada peluang pembeli. Contoh, anda memiliki ruko di depan rumah tetapi sepi orang yang lewat, apakah bakal ramai ? Jelas sulit sekali untuk ramai, anda butuh lokasi yang benar-banar ramai orang lalu lalang.

3. Cobalah untuk membuka toko online

Kami berikan solusi kembali kalau memang anda tidak memiliki lahan atau lokasi untuk  bisnis, maka bukalah toko online. Jarang sekali orang-orang memikirkan hal ini, dengan modal 5 – 10 juta rupiah, anda tidak perlu menyiapkan lahan tetapi jadikan modal itu untuk membuka toko online.

Tidak perlu menguasai website dan lain-lain, cukup gabung dengan ecommerce di internet seperti Lazada, Shoppe dan Tokopedia. Upload produk anda dan pasang dengan harga yang kompetitif, berikan harga promo dan jalankan promosi. Kami yakin dalam 1 hari saja pasti banyak orang yang membeli, ini jauh lebih ringkas dan cepat, selain itu target pelanggan anda bukan hanya lokal tetapi dari luar kota juga.

Manfaatkan juga sosial media dan beberapa group untuk berjualan. Tidak perlu mencari lokasi yang mungkin biaya sewanya mahal, jadikan modal anda untuk menjalankan toko online di internet.

4. Menentukan jenis produk yang dijual

Tahap berikutnya yang harus anda pikirkan matang-matang adalah tentukan jenis produk, tidak bisa sembarangan menentukan jenis produk yang dijual. Produk itu sangatlah banyak, mulai dari baju, mainan anak, aksesoris, perabotan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sesuaikan dengan modal anda 5 – 10 juta bagusnya untuk jualan apa. Kami tidak bisa menyarankan pasti, tetapi ada gambaran produk dengan harga segitu seperti dompet, gelang aksesoris, baju dan celana dan busana muslim. Busana muslim ini akan laris manis ketika menjelang ramadhan. Jadi sesuaikan saja produk apa yang akan anda jual, lebih enak lagi kalau lakukan survei di toko online produk apa saja yang sedang trending.

5. Managemen keuangan dengan baik

Tutorial membuka bisnis dengan modal 5 – 10 juta itu sebenarnya tidak mudah untuk dijalankan kalau anda tidak memiliki komitmen yang baik dalam mengatur keuangan. Anda harus bisa merinci dengan baik mulai dari keuntungan, modal dan kerugian yang didapatkan.

Jangan sampai perhitungan anda dalam keuangan ini amburadul, karena berdampak pada masa depan bisnis anda. Ini penting untuk dipahami oleh setiap pelaku usaha, baik yang offline maupun online.

Intinya, buatlah pembukuan keuangan dengan baik dari hasil usaha anda, entah itu keuntungan, modal kembali, kerugian dan biaya-biaya tidak terduga.

6. Lakukan evaluasi dan perbaiki

Membuka usaha atau bisnis itu banyak sekali tantangannya, pertama ketika ada pelanggan yang kurang puas dengan pelayanan maupun produk yang anda jual, berikan respon yang baik dan mulailah lakukan evaluasi produk apa yang membuat pelanggan merasa tidak puas. Ini penting untuk ditekankan dengan baik dan benar, karena jika tidak bisa berpengaruh pada reputasi bisnis anda.

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda tentang tutorial membuka usaha maupun bisnis mulai dari 5 – 10 jutaan saja. kami pastikan kalau anda mengikuti semua langkah yang sudah kami berikan, kesuksesaan ada di depan mata.

Tetapi ingat, semua itu tidak bisa didapatkan dengan mudah dan butuh usaha keras dari diri anda sendiri. Hal utama yang perlu anda ingat disini adalah “ Tujuan“ membuka bisnis, buatlah tujuan yang besar agar anda selalu termotivasi untuk mencapainya.

Oke sampai disini dulu informasi dari kami, semoga apa yang kami informasikan disini bisa memberikan manfaat untuk anda semuanya. Jangan lupa untuk berbagi informasi ini dengan teman, kerabat maupun saudara anda. Terimakasih

salam hangat!
Petamilenial.com

admin
pemalas dan buruk dalam pertemanan, menjadi penulis adalah mimpi sehari-hari