Fruit Basket : Alasan Mengapa Anime Ini Layak Ditonton

shigure souma fruit basket

Fruit Basket adalah anime lawas yang diremake 2 tahun belakangan ini. Walaupun cerita dan manganya telah lama diterbitkan, namun ceritanya tetap seru untuk diikuti di zaman sekarang dan tak kalah asyik dengan anime pendatang baru lainnya.

Fruit Basket yang biasa disingkat menjadi anime Furuba ini merupakan anime dan manga Shoujo karya Natsuki Takaya yang terbit perdana tahun 1998 sedangkan adaptasi animenya dirilis tahun 2001. Kini Fruit Basket telah di rilis kembali dengan beberapa perbaikan yang membuat anime ini semakin asyik ditonton.

Selain grafik yang makin halus, tentu Seiyuu yang mengisi suara karakter diubah sepenuhnya. Contohnya karakter Yuuki yang dulu diisi oleh suara perempuan, sekarang tampil dengan suara yang lebih gagah sesuai julukannya ‘Pangeran’ dan Suara Tohru yang lebih feminis dan enak didengar.

Ada beberapa hal yang membuat Fruit Basket layak untuk kalian tonton. Simak dibawah ini.

Misteri Tuhan dan Zodiak

akito souma
© Natsuki Takaya• Hakusensha• Deen/ Funimation/ Fruit Basket

Pastinya suatu karya dinilai baik dari segi isi, begitupun Fruit Basket. Walau mempunyai alur yang lambat dan monoton, Fruit Basket tetap menyajikan konflik cerita dengan baik. Dikisahkan bahwa seorang perempuan SMA bernama Tohru memutuskan untuk tinggal di tenda di sebuah bukit setelah orang tuanya meninggal.

Namun suatu saat ia menemukan rumah misterius diatas bukit yang ternyata rumah salah satu anak SMA yang populer dikelasnya bernama Souma Yuki. Karena kondisi Tohru yang tidak memungkinkan tinggal sendiri di tenda, keluarga Souma mengajak Tohru untuk tinggal dirumahnya saja.

Namun lambat laun, Tohru menemukan fakta bahwa keluarga Souma dapat berubah menjadi binatang zodiak menurut legenda china. Ia diberitahu bahwa Keluarga Souma dikutuk lewat arwah Zodiak yang merasuki anggota keluarganya. Ada 12 anggota keluarga Souma yang dirasuki arwah zodiak tersebut.

Tohru hidup dengan memegang rahasia tersebut sembari mencari cara untuk melapaskan kutukan yang menimpa Kyo, Yuki dan anggota keluarga Souma yang lain. Ia juga harus berhadapan dengan Akito yang berperan sebagai Dewa (baca : tuhan) bagi anggota 12 zodiak.

Character Development

shigure souma fruit basket
© Natsuki Takaya• Hakusensha• Deen/ Funimation/ Fruit Basket

Walaupun 12 anggota Zodiak tampak istimewa dihadapan manusia normal, namun setiap anggota memiliki masalah sendiri dan masalah yang sama, yakni kebebasan mereka yang terikat dengan Akito sebagai dewa bagi 12 zodiak. Setiap anggota Zodiak dikaruniai wajah yang tampan dan cantik namun hati mereka sebenarnya sangat rapuh dan penuh masalah.

Mereka hidup dibawah tekanan akibat roh zodiak yang terikat dengan Akito. Fruit Basket menceritakan bagaimana Tohru membantu mereka menyelsaikan masalah. Menariknya Tohru sendiri selayaknya ibu bagi para 12 anggota keluarga Souma, karena sikapnya yang baik dan tulus.

Souma Kyo adalah karakter yang berkembang pesat semenjak hadirnya Tohru di keluarga Souma. Dibanding anggota lainnya, Kyo dirasuki oleh arwah kucing yang menurut legenda China tidak dianggap sebagai tamu dewa saat itu. Menurut aturan keluarga Souma, roh kucing akan dikurung dan diasingkan saat mereka sudah dewasa.

Kyo, Kucing dan Tohru?

Kyo x Tohru fruit basket
© Natsuki Takaya• Hakusensha• Deen/ Funimation/ Fruit Basket

Honda Tohru ternyata adalah Cat Lovers. Ia adalah pencinta hewan kucing dan dulu pernah bercita-cita lahir di tahun kucing. Kyo yang selama ini berandalan dan tersingkirkan awalnya tidak suka dengan kehadiran Tohru. Namun lambat laun, hadirnya Tohru disana membawa perubahan bagi sikap Kyo yang selama ini membenci takdirnya sebagai zodiak kucing.

Karena karakter yang perkembangannya terlalu cepat, membuat banyak penggemar membuat shipper hubungan Tohru dan Kyo. Bahkan laman Anitrendz yang sering membuat polling, pernah menempatkan Tohru dan Kyo sebagai pasangan anime terfavorit di musim semi 2020.

Tapi walaupun anime ini bergenre romance, belum ada kemajuan hubungan percintaan masing-masing karakter di Fruit Basket. Anime ini kemungkinan akan terus diadaptasi hingga versi manganya tamat, jadi yang tukang Shipper yang ingin melihat kelanjutan Kyo dan Tohru, harap sabar ya!

Nostalgia

fruit basket 2020
© Natsuki Takaya• Hakusensha• Deen/ Funimation/ Fruit Basket

Fruit Basket pernah tayang di televisi nasional di awal tahun 2000-an. Karena itu banyak penggemar yang merasa nostalgia menonton Fruit Basket. Belum lagi karena kemajuan industri anime, membuat tampilan Fruit Basket terasa lebih modern dan enak di tonton.

Fruit Basket season 1 tayang di musim semi 2019 dan season 2 tayang di tahun 2020 musim yang sama. Perbedaan yang mencolok dengan versi lawasnya, adalah cerita manga yang masih di adaptasi hingga season 2-nya. Mengingat tahun 2001 Fruit Basket hanya mendapatkan adaptasi anime satu season.

Fruit Basket kemungkinan akan terus tayang setiap tahun mengingat antusias penggemar untuk terus menonton anime ini. Fruit Basket kini diproduksi oleh Studio Deen. Kamu juga jangan lupa nonton Fruit Basket ya!

Petamilenial.com