Cara Menyembunyikan Status Bar dan Notifikasi Saat Handphone Terkunci

cara menyembunyikan status bar

Gadget yang digunakan masyarakat Indonesia di tahun 2020 semakin cangih dan menarik karena mempunyai banyak sekali fitur. Deretan Handphone yang mempunyai fitur canggih tersebut dapat dimiliki hanya dengan 1 juta sampai 2 jutaan. Namun dibalik canggihnya fitur handphone tersebut, seringkali ada pengaturan yang sulit ditemukan, yakni bagaimana cara menonaktifkan atau menyembunyikan status bar notifikasi ketika handphone dalam keadaan terkunci.

Bagi kebanyakan orang, status bar dan notifikasi yang masih dapat diakses ketika layar handphone terkunci betul-betul sangat menganggu. Khawatirnya saat handphone dipegang orang lain, munculah notifikasi yang tidak diharapkan. Misal, notifikasi berita dengan judul tak senonoh. Walau tidak berlangganan berita di situs terkait, seringkali notif menganggu tersebut muncul tanpa diduga.

Belum lagi teman yang iseng menyembunyikan handphone dan sengaja mematikan data internet dan mengaktifkan mode pesawat agar tidak dapat dihubungi. Walaupun handphone dalam kondisi terkunci, kedua fitur tersebut masih dapat diakses. Teman mu akan akan senang sekali melihat ekspresimu takut mu saat handphone yang disembuntikan itu gak bisa dihubungi.

Karena itu Petamilenial akan berbagi cara bagaimana menyembunyikan status bar notifikasi saat handphone dalam keadaan terkunci. Cara ini saya saya lakukan di Xiaomi Redmi 4x dan ternyata sangat mudah. Untuk Xiaomi seri lain mungkin agak berbeda tapi kurang lebih sama dengan pengaturan dibawah.

Buka Pengaturan

cara menyembunyikan status bar saat lockscreen

sebenarnya untuk menyembunyikan status bar caranya sangat mudah, yang diperlukan cuma akses ke pengaturan handphone mu. Buka menu Setting, lalu pergi ke bagian System Setting. Lalu pilih menu Notification and Status Bar.

Kemudian Turn off menu Show on Lock Screen di bagian Notification Shade. Dengan demikian status bar di handphone kalian tidak akan dapat di akses lagi saat handphone dalam keadaan lock. Jadi nggak perlu lagi khawatir tombol-tombol di status bar mu dimainin sama teman mu.

Mudah banget kan? status bar notification mu benar-benar terkunci sekarang, alias tidak bisa diakses kecuali bagi yang empunya password.

Tapi cara ini tidak akan sama untuk setiap handphone ya. Misalnya untuk Nokia 4.2 saya masih mencari pengaturan yang dapat menyembunyikan status barnya. Jadi tidak semua handphone enable dengan cara diatas ya! beruntunglah kalian yang punya hape siaomay.

Baca juga: