Dapatkan informasi terkait COVID-19
cara menggunakan wa bisnis
cara menggunakan wa bisnis

Tutorial Menggunakan Whatsapp Bisnis Untuk Memulai Usaha Anda

Halo pembaca! bertemu lagi dengan artikel kami disini untuk mengupas tuntas informasi yang berhubungan dengan tips usaha yang bisa anda jalankan dari whatsapp bisnis.

Bagi anda yang belum tahu tentang whatsapp bisnis, maka beruntung karena disini kami akan siapkan informasi secara rinci mengenai tutorial menjalankan usaha lewat whatsapp bisnis yang paling ampuh untuk meraup keuntungan dan membangun kepercayaan terhadap calon pelanggan anda.

Namun sebelum itu, kami harap anda memahami terlebih dahulu pengertian dari whatsapp bisnis yang mungkin masih jarang di pahami oleh kebanyakan orang selama ini. Jadi, kalau anda mau tahu seperti apa tutorial menjalankan usaha lewat whatsapp bisnis, bisa langsung simak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu Whatsapp bisnis ?

Whatsapp bisnis sebenarnya merupakan aplikasi kedua yang dikembangkan oleh Facebook untuk mereka pelaku usaha atau pemilik bisnis, jadi facebook saat ini memiliki dua aplikasi whatsapp yang pertama untuk personal dan kedua untuk bisnis.

Terlihat perbedaanya secara jelas pada logo whatsapp, kalau logo whatsapp bisnis memiliki desain dengan huruf B yang menandakan itu adalah whatsapp yang difungsikan untuk  bisnis. Harapan dari pengembang aplikasi ini tentu, masalah yang berkaitan dengan bisnsi harus dipisahkan dengan personal sehingga tidka terjadi miskominikasi ataupun hal-hal yang tida di inginkan.

Intinya, dengan hadirnya whatsapp bisnis ini bisa memudahkan setiap pelaku usaha bisa mengontrol dengan mudah sistem penjualan mereka terhadap pelanggan.

Kelebihan atau Keunggulan Whatsapp Bisnis

Masih banyak orang yang belum tahu mengenai kelebihan ataupun keunggulan whatsapp bisnis untuk menjalankan usaha, berikut ini adalah penjelasannya untuk anda yang ingin tahu secara rinci.

  • Whatsapp bisnis didesain berbeda untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk menjalankan bisnis mereka secara mudah dan cepat.
  • Terhadap beberapa fitur pendukung kemajuan dan kepercayaan bisnis di mata calon pelanggan
  • Bisa diinstal bersamaan dengan aplikasi whatsapp personal, sehingga dalam satu perangkat mobile bisa memiliki dua aplikasi sekaligus
  • GRATIS untuk digunakan secara umum, jadi tidak ada biaya tahunan yang ditagihkkan kepada pengguna
  • Tersedia di Google playstore sehingga siap digunakan
  • Cocok untuk menjalankan banyak bisnis mulai dari bisnis digital dan non digital
  • Support dengan semua jenis versi android
  • Selalu update untuk memperbaiki bug dan memperbaharui fitur secara berkala
  • Kompetibel untuk dijalankan bersama satu perangkat dengan whatsapp personal

Nah, kalau sekarang anda sudah tahu tentang kelebihan dari whatsapp bisnis untuk menjalankan usaha secara online. Berikut ini adalah tutorial menjalankan usaha anda lewat whatsapp bisnis dengan mudah, cepat dan pastinya praktis.

Mengingat jumlah pengguna whatsapp sekarang mencapai angka 1 miliar lebih dari seluruh dunia, tentu ini adalah peluang besar yang bisa anda dapatkan sebagai pelaku usaha. Langsung saja simak informasinya dibawah ini.

Tutorial Menjalankan Usaha dari Whatsapp Bisnis dengan Mudah dan Menguntungkan

  • Langkah Pertama : Download dan instal aplikasi whatsapp

Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload aplikasi whatsapp bisnis terlebih dahulu yang tersedia secara gratis di Google playstore. Setelah anda download, lakukan instalisasi seperti biasa para perangkat android anda.

Perlu di ingat, anda tiak bisa menggabungkan nomor yang sudah dipakai di whatsapp personal ke whatsapp bisnis, maka dari itu sediakan nomor baru yang khusus untuk login ke whatsapp bisnis. Nomor baru in juga bisa disekaligus menjadi nomor bisnis anda nantinya, jadi saran dari kami tentukan dengan benar nomor bisnis ini agar tidak gonta ganti.

  • Langkah kedua :  Masuk untuk registrasi

Berikutnya setelah aplikasi whatsapp bisnis sudah berhasil terinstal di hp anda, lakukan proses registrasi dengan masuk memakai nomor telepon yang baru saja anda beli atau yang masih baru. Login dengan lakukan verifikasi terlebih dahulu, selanjutnya anda akan disuruh mengisi nama bisnis dan ketagori bisnis.

Isi sesuai dengan bisnis yang anda jalankan, contoh kalau anda berbisnis jualan pulsa online maka buatlah kategori menjadi “ Layanan PROFESIONAL “, ini juga berlaku untuk jenis bisnis dengan barang digital. Namun anda bisa memilih kategori lain kalau bisnis yang anda jalankan adalah non digital.

Kemudian setelah itu, setting foto profil di wa bisnis anda sesuai dengan gambar usaha yang anda jalankan. Save dan lanjutnya.

  • Langkah ketiga : Setting lengkap menu profil bisnis anda

Tahap berikutnya kalau anda sudah masuk ke akun  bisnis whatsapp, silahkan masuk ke bagian setting untuk melakukan editing pada bagian menu profil bisnis agar lebih dipercaya oleh calon pelanggan anda. Adapun menu yang perlu anda rubah disini, adalah sebagai berikut.

  • Profil bisnis ( pada menu ini anda harus merubah beberapa settingan seperti nama toko anda, kemudian perubahan alamat atau lokasi bisnis anda, kategori layanan bisnis anda,  jam buka bisnis, alamat email, situs website dan akun instagram serta deskripsi dari bisnis anda )
  • Katalog harga ( Pada bagian ini anda bisa memasang foto produk yang anda jual, baik produk fisik maupun produk digital. Hanya saja, untuk bisa memasang foto katalog produk, anda harus mematui kebijakan yang anda. Tidak semua informasi bisa dipasang dibagian menu katalog ini )
  • Fitur Perpesanan ( Selanjutnya kita menuju ke fitur perpesanan, fitur ini memiliki fungsi lengkap sebagai pendukung usaha anda. Cukup dengan setting setiap isi pesan yang ada, anda bisa menggunakannya secara otomatis.

    Contoh setting pada pesan diluar jam kerja ini bisa disetting sesuai dengan jam buka anda, kemudian pada salam ini bisa anda rubah, jika ada pelanggan baru yang chatting makan akan otomatis mendapatkan salam dari anda, dan terakhir adalah balas cepat.

    Fungsi dari fitur ini untuk mempermudah anda memberikan penjelasan secara lengkap kepada pelanggan baik cara pemesanan , pembayaran dan lain-lain. Intinya, fitur ini sangat penting untuk mengembangkan bisnis agar terlihat profesional dan terpercaya).

Sekarang anda sudah bisa menggunakan whatsapp bisnis ini untuk menjalankan usaha anda secara maksimal. Ada banyak fitur lain yang bisa anda peroleh dari whatsapp bisnis, salah satunya adalah fitur label yang cukup memudahkan setiap pengguna memberikan label pada chat pelanggan yang statusnya sedang order, dp, dan lain-lain. Sesuaikans aja dengan kebutuhan anda.

Nah sampai disini dulu informasi dari kami mengenai tutorial menjalankan bisnis dengan menggunakan whatsapp bisnis dengan mudah dan cepat, semoga informasi ini  bisa bermanfaat untuk kita semua terlebih bagi anda yang ingin membuka usaha namun kesulitan dalam menentukan kontak bisnis yang tepat.

Manfaatkan aplikasi whatsapp bisnis ini, selain gratis dan mudah dipakai, fitur didalamnya sudah cukup lengkap untuk menjalankan bisnis. Terimakasih.

Salam hangat !
Petamilenial.com

admin
pemalas dan buruk dalam pertemanan, menjadi penulis adalah mimpi sehari-hari