Melihat Dinosaurus Langsung Secara Nyata? Cukup Ketik "Dinosaurus" di Pencarian Google | Petamilenial

Melihat Dinosaurus Langsung Secara Nyata? Cukup Ketik “Dinosaurus” di Pencarian Google

dinosaurus di google

Google telah mengembangkan teknologi Augmented Reality (AR) sejak tahun lalu di mesin pencarian. Teknologi ini dapat digunakan oleh setiap pengguna layanan Google baik di android dan IOS. Sekarang Google telah menghadirkan pencarian Dinosaurus dalam Augment Reality nya sehingga pengguna dapat melihat Dinosaurus langsung di halaman rumah anda dalam ukuran hampir menyerupai aslinya.

Caranya sangat mudah, ketikkan kata kunci Dinosaurus di pencarian Google dan akan muncul hasil pencarian disertai gambar bergerak Dinosaurus jenis Tyrex yang disertai keterangan “Tampilka dalam bentuk 3D”. Setelah itu Dinosaurus dapat dilihat dalam bentuk 3D di ponsel.

tampilan Dinosaurus 3D disertai efek suara tanpa menggunakan teknologi AR. Untuk melihat secara langsung Dinosaurus di ruangan anda, perangkat harus didukung fitur ARCore

Terdapat 10 jenis Dinosaurus yang dapat dilihat yakni Tyrannosaurus rex, Triceratops, Velociraptor, Stegosaurus, Spinosaurus, Brachiosaurus, Ankylosaurus, Dilophosaurus, Pteranodon dan Parasaurolophus. Jenis-jenis dinosaurus ini yang tersedia di teknologi AR milik Google.

Namun sayangnya tidak semua perangkat ponsel mendukung penggunaan AR. Untuk melihat Dinosaurus secara langsung di ruangan rumah atau halaman depan rumah anda, haruslah menggunakan perangkat yang didukung teknologi ARCore. Pengguna Apple, membutuhkan perangkat dengan sistem operasi IOS 11 dan yang terbaru.

Untuk mengecek apakah perangkat anda didukung oleh teknologi ARCore, cek disitus resmi ARCore berikut

Augment Reality (AR) adalah teknologi yang mampu menampilkan objek seolah-olah nyata secara visual, suara dan bahkan dari segi penciuman. Dari teknologi inilah pengguna dapat berfoto bersama Dinosaurus di depan rumah anda.

https://twitter.com/Google/status/1278010408675299329

Google mengatakan bahwa untuk tidak mudah unttuk menyediakan fitur baru ini di layanannya. Karena ukuran dinosaurus yang besar menyulitkan Google untuk menyesuaikan skala objek pada perangkat ponsel.

Dilansir dari The Verge, Google mengatakan bahwa fitur skala otomatis baru di android sekarang dapat menghitung jarak antara ponsel dengan permukaan di ruangan sekitar pengguna. Fitur ini membuat ukuran dinosaurus cocok dengan layar ponsel.

Google telah menggaet dan melakukan kolaborasi dengan beberapa pihak untuk membuat fitur ini, salah satunya Universal Brand Development, Perusahaan produksi film Ambilin Entertainment dan pengembang video game Ludia.

Sumber : katadata.co.id