Cara dan Tips Menghentikan SMS SPAM di Handphone Android

cara menghentikan sms spam

Pernahkan kalian mendapatkan pesan singkat dari nomor yang tidak dikenal yang bunyinya “Selamat anda memenangkan undian dari Telkomsel dengan toal hadiah 500 juta, klik link dibawah ini!!!”. Ini adalah salah satu bentuk SMS SPAM yang masuk ke ponsel mu. SMS ini bukan hanya sekedar iseng-iseng dari orang tak dikenal, namun juga digunakan untuk penipuan.

Link yang disertakan dalam pesan tersebut kemungkinan berisi malware atau spyware. Ketika link di klik maka server yang terhubung dengan link tersebut dapat melepas malware di handphone pengguna. Bahayanya, jika memang tersusup Malware atau Spyware dalam link tersebut, keduanya dapat dijadikan sarana Hacker untuk mencuri data pribadi pemilik Handphone.

Data pribadi ini penting karena merupakan pintu untuk mengakses akun-akun penting seperti Go-Pay, Tokopedia dan lain-lain. Terutama ketika nomor handphone dan email kalian dapat diakses oleh pihak yang tak dikenal, maka akun-akun penting tersebut dapat diambil alih.

Contoh kasus peretasan yang menggunakan data pribadi bisa dilihat di kasus Maia Estianty dan Ravio Patra. Pelajari juga betapa pentingnya untuk menghindari kasus penyadapan melalui WhatsApp disini.

menghentikan sms spam
data pribadi rahasia adalah pimtu yang digunakan hacker untuk mengakses akun-akun penting miliki pengguna

Kalian sudah tau betapa pentingnya data pribadi agar tetap aman dan rahasia kan? Karena itu SMS SPAM yang berisi link yang digunakan untuk penipuan tersebut harus dihentikan dan diblokir secepatnya dari Android mu. Petamilenial merangkum beberapa Tips agar Android kalian aman dari SMS SPAM semacam ini.

1. Tidak memberikan nomor handphone sembarangan.

Nomor Handphone bisa diibaratkan barang vital di era modern sekarang. Pendaftaran di merchant apapun pasti menggunakan nomor handphone. Aktivitas apapun di media online mayoritas diakses menggunakan nomor handphone.

Namun tidak semabarang pihak dapat kita berikan nomor Handphone. Karena nomor tersebut rentan digunakan untuk mengirim SMS SPAM berisi promosi dan link tersusupi malware. Jika ingin memberi nomor Handphone, pastikan terlebih dahulu pihak yang meminta tersebut adalah pihak yang dapat dipercaya.

Rasanya gak nyaman banget kan jika setiap hari handphone dinotif SMS oleh nomor yang tidak dikenal.

2. Blokir dan Report SPAM

Pada dasarnya tidak ada cara untuk menghentikan SMS SPAM secara otomatis. Kecuali anda ingin memblokir semua SMS dari nomor yang tidak dikenal. Tapi hal ini berbahaya, karena bisa saja nomor tersebut adalah nomor rekan atau orang yang kalian kenal, tetapi kalian tidak menyimpannya.

Karena itu ketika ada SMS berbau SPAM dan promosi link, segera report dan blokir nomor tersebut. Caranya adalah sebagai berikut.

Jika kalia menggunakan Android bisa melalukan cara berikut.

  1. Buka SMS yang kalian anggap SPAM tersebut.
  2. Klik nomor pengirim
  3. Layar akan diarahkan ke kontak, scroll sampai ke bawah dan klik Block

Untuk android di setiap merek handphone memiliki fitur yang sedikit berbeda, misalnya di Nokia 4.2, otomatis menampilkan pilihan Block and Report untuk nomor yang tidak tersimpan di kontak.

Jika handphone kalian tidak memiliki menu Report, kalian cukup memblokirnya saja. Sistem android lambat laun akan mengenali karakteristik pesan SPAM dari list kontak yang kalian blokir.

3 . Kenali SMS SPAM

Walaupun tidak meyakinkan dan mencurigakan, masih ada masyarakat Indonesia yang percaya dengan isi SMS tersebut. Terutama jika yang bersangkutan sedang butuh uang dan dililit utang, terkadang SMS semacam ini tidak lagi di check kebenaranya.

Sesulit apapun kondisi keuangan kalian, tetap penting untuk memeriksa ulang kebenaran atau fakta dibalik tawaran undian atau hadiah melalui SMS. Karena jika tidak maka kalian bisa rugi dua kali lipat.

Karena itu kenali bagaimana karakteristik SMS SPAM:

  • Berisi tawaran dan undian berhadiah mengatasnamakan lembaga dan isntansi tertentu.
  • Menggunakan nomor handphone pribadi walaupun mengatasnamakan undian berhadiah dari lembaga tertentu.
  • Menyisipkan link yang disertakan ajakan untuk mengkliknya.
  • Selain berisi undian atau hadiah, kebanyakan SMS SPAM ini berisi tawaran pinjaman uang.

Nah itu adalah beberapa ciri-ciri SMS SPAM yang harus kalian report dan blokir. Beberapa smartphone akan mengenali pesan SPAM dari list nomor-nomor yang kalian blokir, namun tidak semua smartphone dilengkapi fitur ini.

Jadi tidak ada cara efektif untuk menghentikan SMS SPAM secara otomatis, namun kalian bisa mencegahnya dengan tidak memberikan nomor handphone ke pihak yang kurang terpercaya.

Selain itu kalian harus tetap memblokir dan mereport pesan yang berbau penipuan tersebut. Jika tidak maka handphone dapat di notif setiap hari oleh SMS SPAM dari nomor yang tidak dikenal.

Petamilenial.com