Dapatkan informasi terkait COVID-19
cara belajar di rumah nyaman dan menyenagkan
cara belajar di rumah agar nyaman dan menyenagkan

10 Cara Belajar di Rumah Agar Nyaman dan Menyenangkan

Belajar di rumah merupakan salah satu hal yang bisa dibilang cukup menyenangkan untuk sebagian besar orang, bagi anda yang selama ini masih kesulitan untuk belajar di rumah, ada baiknya menerapkan beberapa tips yang bisa membuat cara belajar anda lebih nyaman dan menyenangkan.

Bagi anda yang sedang duduk di bangku SMP dan SMA, belajar di rumah merupakan salah satu kegiatan yang terkadang membosankan karena beranggapan kalau tempat belajar di rumah tidak asyik, nah coba anda terapkan beberapa tutorial yang akan kami berikan dibawah ini dan kami yakin suasana belajar yang anda ciptakan nantinya bisa membawa kesenangan sendiri.

Penasaran seperti apa ? Coba simak informasinya dibawah ini.

Tutorial Belajar di Rumah Yang Menyenangkan

1. Siapkan dulu alat belajar dan materi yang akan anda pelajari

Salah satu cara agar nuansa belaja di rumah benar-benar menyenangkan, anda bisa menyiapkan terlebih dahulu alat belajar dan beberapa materi yang akan anda pelajari di hari ini. Beberapa buku dan alas tulis perlu anda siapkan diawal, mungkin lebih baiknya pada saat anda ada waktu senggang.

Selain itu, jangan lupakan juga materi yang akan di pelajari di hari ini, kerjakan dulu martei yang anda anggap cukup sulit, kemudian di susul dengan materi lain yang lebih mudah.

2. Membersihkan ruangan belajar anda

Bilamana anda memiliki ruangan sendiri untuk belajar, ayo jangan malas-malasan. Anda bisa membersihkan ruangan belajar agar lebih rapi dan nyaman untuk ditempati. Jika ruangan belajar anda satu lokasi dengan kamar, ada baiknya anda bersihkan kamar dan berikan beberapa hiasan yang bisa membuat nuansa kamar belajar lebih nyaman dan menarik.

Terkadang ini menjadi trik psikologi sendiri, tempat yang nyaman dan menenangkan akan membuat siapapun merasa lebih tenang untuk belajar. Nah, cocok sekali kalau anda memiliki tempat atau meja belajar dalam satu kamar, lebih privasi dan tenang untuk belajar. Silahkan dicoba langsung saja yah.

3. Pakai pencahayaan yang lebih maksimal

Pencahayaan dalam belajar itu sangat penting, tanpa adanya cahaya yang maksimal akan membuat mata anda mengantuk atau malas untuk membuka buku. Pencahayaan yang baik sebenarnya bisa melalui lampu kamar dan tambahan lampu belajar, belilah lampu belajar dengan boklam yang tidak terlalu terang.

Jika terlalu terang akan membuat mata anda cepat lelah, begitu juga sebaliknya jika lampu redup akan membuat anda malas dan mengantuk. Pakailah lampu belajar yang memakai dudukan, sehingga mudah di arahkan sesuai dengan keinginan anda. Jangan belajar sambil tidur yah, karena bisa merusak mata anda.

4. Siapkan camilan ringan

Biar cara belajar anda lebih asyik dan menyenangkan, buatlah nuansa belajar seperti halnya menonton film di bioskop. Banyak dari kita yang mungkin lebih suka belajar dengan keadaan yang tenang, namun tidak sedikit juga yang lebih suka belajar dengan menyiapkan camilan.

Nah, coba siapkan camilan di piring atau mangkuk, agar suasana belajar anda lebih berkelas dan tidak membosankan. Meskipu begitu, camilan yang dimakan harus ringan yah biar tidak kekenyangan terus ngantuh deh. hehe.

5. Selangkan waktu untuk bermain sebentar saja

Cara lain agar proses belajar di rumah lebih asyik dan tidak membosankan, coba luangkan waktu anda untuk bermain. Ada banyak permainan yang bisa anda coba seperti menebak kuis, test IQ, teka-teki dan masih banyak lagi jenis permainan lain yang bagus untuk mengisi waktu anda agar tidak strees atau pusing dengan bahan ajar yang cukup banyak.

Memang benar, belajar itu sesuatu yang membosankan, tetapi anda bisa menciptakan kondisi dan suasana belajar yang lebih asyik dan tidak terlalu tegang. Intinya, buatlah diri anda serileks mungkin ketika belajar, tidak terlalu tegang atau monoton, sehingga tidak timbul rasa bosan untuk terus belajar di rumah.

Cara ini sudah sering kami terapkan selama belajar di rumah dan jelas berhasil, sekarang waktunya untuk anda mencoba. Apalagi Ujian Sekolah sudah dekat, ayo belajar.

6. Hindarkan beberapa benda yang mencuri perhatian anda

Selama anda belajar, cobalah untuk mematikan dan menjauhkan ponsel. ini adalah benda yang mampu mencuri perhatian anda. Ada baiknya anda bisa titipkan ponsel ke ayah atau ibu dengan kondisi mati, ini sangat bagus agar anda bisa benar-benar fokus dan konsentrasi dengn materi pembelajaran yang akan anda pelajari.

Beberapa contoh benda yang mengundang perhatian anda seperti handphone, televisi, laptop, buku komik dan novel. Nah, benda-benda ini perlu anda singkirkan dahulu agar proses belajar anda bisa berjalan dengan lancar.

7. Fokus dan latih konsentrasi dengan baik

Berikutnya agar nuansa belajar anda lebih baik lagi, usahakan untuk terus fokus dan konsentrasi dengan materi yang ada di depan anda. Penting untuk anak-anak SMA yang segera menghadapi ujian sekolah, fokus dan melatih konsentrasi adalah hal paling penting untuk saat ini.

Anda bukan lagi anak kecil yang membutuhkan bimbingan dan arahan dari orang tua, anda bisa belajar sendiri dengan tenang di dalam kamar atau di ruang belajar. Usahakan belajar semaksimal mungkin, jika sudah capek istirahatlah sebentar dan bisa dilanjutkan lagi. Karena kita juga tahu kalau belajar terus menerus akan membuat mata dan otak menjadi lelah.

8. Coba cari suasana baru dalam belajar

Meskipun anda sedang belajar di rumah, biar tidak bosan bisa menerapkan beberapa cara baru yaitu belajar diatas pohon mungkin atau belajar di rumah tingkat jika memang ada ruangan ditingkat rumah anda. Ini adalah cara baru agar anda tidak bosan belajar terus menerus di dalam kamar.

Sediakan juga minuman yang anda sukai seperti kopi atau teh misalnya untuk menemani belajar anda lebih nyaman dan asyik.

9. Pakai gaya belajar yang lebih simple

Kami memiliki tips untuk anda yang ingin belajar dengan cepat tetapi paham dengan materi yang di pelajari, cobalah untuk belajar di pagi hari jam 5 pagi sampai jam 6 pagi, cuci muka terlebih dahulu dan mulailah membuka buku. Lebih asyik lagi kalau anda sediakan 1 gelas kopi panas untuk belajar di pagi hari, kami yakin anda akan cepat dan mudah memahami materi ajar. Buktikan saja kalau tidak percaya.

10. Hindari suara berisik ketika belajar

Tips terakhir dari kami agar suasana belajar anda lebih menyenangkan, hindari suara yang berisik ketika belajar agar anda lebih fokus dan konsentrasi dengan materi ajar yang ada di depan anda.

Nah, itulah beberapa tutorial belajar yang menyenangkan ketika di rumah, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, khususnya bagi anda yang akan menghadapi ujian sekolah. Sekian dan terimakasih. selamat mencoba.


penulis : admin
penyunting : admin

admin
pemalas dan buruk dalam pertemanan, menjadi penulis adalah mimpi sehari-hari