Dapatkan informasi terkait COVID-19
hukum zakat lebih awal
hukum memabayar zakat sebelum ramadhan

Bolehkah Membayar Zakat Sebelum Ramadhan? (Buya Yahya Menjawab)

Zakat merupakan bagian dari rukun Islam yang wajib hukumnya dilakukan oleh setiap muslim. Zakat secara syariat terbagi menjadi 2 yakni Zakat Fitrah (jiwa) dan Zakat Mal (harta). ulama sepakat keduanya adalah merupakan kewajiban bagi kaum muslimin apabila telah mencapai batasnya. Zakat harta wajib dilakukan apabila telah mencapai nisab nya.

Zakat fitrah wajib dilakukan apabila telah mencapai waktunya. mengenai waktu mengeluarkan zakat fitrah ini menjadi perdebatan dikala Pandemi Covid-19 mewabahi dunia menjeleng bulan ramadhan tahun 2020 ini. Aturan hukum mengalami banyak distrupsi dikarenakan tidak sesuai dengan keadaan yang tidak normal atau genting/memaksa. Misalnya aturan tentang standar pelayanan publik di kala pandemi covid-19 mengalami perubahan karena menyesuaikan dengan keadaan yang genting.

Termasuk beberapa ketentuan yang berada dalam hukum islam mengalami beberapa penyesuaian. Penyesuaian ini bukan dalam rangka mengubah hukum tetapi mengubah fakta hukum yang pada dasarnya memang diperbolehkan dirubah. Misalnya kewajiban untuk melaksanakan sholat berjamaah bagi laki-laki, menjadi tidak wajib lagi ketika terjadi wabah penyakit menular. Hal ini dikarenakan para ulama berijtihad bahwa sholat berjamaah dapat ditiadakan apabila untuk menanggulangi wabah penyakit menular.

Kementrian agama melalui surat edaran nomor 6 tahun 2020 mengeluarkan panduan mengenai ibadah ramadhan dan pelaksanaan Idhul Fitri 1441 Hijriah. Beberapa poin didalam aturan tersebut mesti dicermati agar umat islam tidak sekedar mengikuti arahan tetapi juga paham dengan arahan tersebut. Surat edaran ini dikeluarkan untuk menjelaskan teknis ibadah kepada umat islam di saat keadaan tidak normal wabah covid-19.

poin yang perlu dicermati adalah :

Pada poin 13a disebutkan bahwa umat islam dianjurkan untuk membayar zakat lebih awal sebelum ramadhan. termasu pengumpulan Infaq dan Shadaqoh. berikut bunyi poin 13 yang berisi panduan zakat di bulan ramadhan nantinya

Poin 13 Tentang Penyaluran Zakat Fitrah atau ZIS (Zakat, Infaq dan Shodaqoh)

A. mengimbau kepada umat muslim agar membayarkan zakat hartanya segera sebelum puasa Ramadan sehingga bisa terdistribusi kepada Mustahik lebih cepat

B. Bagi Organisasi Pengelola Zakat untuk sebisa mungkin meminimalkan pengumpulan zakat melalui kontak fisik, tatap muka secara langsung dan membuka gerai di tempat keramaian. Hal tersebut diganti menjadi sosialisasi pembayaran zakat melalui layanan jemput zakat dan transfer layanan perbankan

C. Memastikan satuan pada Organisasi Pengelola Zakat, lingkungan masjid, musala dan tempat lainnya untuk melakukan pembersihan ruangan dan lingkungan penerimaan zakat secara rutin, khususnya handel pintu, saklar lampu, komputer, papan tik (keyboard), alat pencatatan, tempat penyimpanan dan fasilitas lain yang sering terpegang oleh tangan.

D. Mengingatkan para panitia Pengumpul Zakat Fitrah dan/atau ZIS untuk meminimalkan kontak fisik langsung, seperti berjabat tangan ketika melakukan penyerahan zakat.

bagaimana hukum membayar zakat sebelum masuk Ramadhan?

Untuk itu agar permasalahan fiqh ini dapat dijelaskan secara proporsional maka sudah sepatutnya dijawab oleh ahlinya. Silahkan ditonton video penjelasan oleh Buya Yahya mengenai pelaksaan zakat fitrah lebih awal sebelum bulan ramadhan ini :

admin
pemalas dan buruk dalam pertemanan, menjadi penulis adalah mimpi sehari-hari