Battle of Surabaya Tayang di RTV : Cara Sederhana Merayakan Kemerdekaan

battle of surabaya

Battle of Surabaya merupakan animasi 2D karya anak bangsa yang menceritakan tentang perjuangan meraih kemerdekaan lewat sudut pandang yang sederhana. Tidak banyak yang tau tentang salah satu anime khas Indonesia satu ini.

Bukan hanya produksinya saja yang original buatan anak bangsa, namun komposisi ceritanya juga khas bangsa Indonesia. Battle of Surabaya menceritakan perjuangan para pahlawan mempertahankan kemerdekaan setelah proklamasi 17 Agustus 1945 di Surabaya.

Nah untungnya dalam rangka memeriahkan kemerdekaan 17 Agustus nanti, saluran Televisi Nasional RTV akan menayangkan ulang Battle of Surabaya di saluran TV mereka. Melalui stasiun RTV kalian tidak perlu repot mencari situs alternatif alias versi bajakan.

Beberapa informasi yang perlu kamu tau tentang anime ‘Battle of Surabaya’.

Tayang di RTV di Hari Kemerdekaan

Rajawali TV (RTV) melalui akun medsos resminya menginformasikan akan menayangkan Battle of Surabaya pukul 16:30 di hari senin bertepatan dengan hari kemerdekaan. Movie ini ditayangkan di saluran RTV dalam rangka menyemarakkan 17 Agustus ditengah pembatasan sosial yang masih berlangsung di sebagian besar daerah.

RTV memang dikenal karena sering menayangkan tontonan hiburan animasi dan jejepangan. Super sentai (Power Ranger) menjadi salah satu program tayangan RTV. Sebelumnya Boku no Hero Academia telah dijadwalkan tayang di TV Nasional ini dan masih berlanjut hingga sekarang.

Beberapa penayangan tersebut disambut baik oleh penggemar di Indonesia. Namun juga mendapat kritik karena terlalu sering mencut atau sendor secara berlebihan. Namun program yang dilakukan anak bangsa untuk memajukan Pop Culture di Indonesia tetap harus didukung.

Tentang Anime Battle of Surabaya

battle of surabaya
© M. Suyanto/ Aryanto Yuniawan • STMIK Amikom/ MSV Pictures

‘Indonesia sudah merdeka’ itulah yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia setelah produksi 17 Agustus. Namun tidak bagi rakayat di Surabaya. Langit Surabaya kembali memerah dengan kedatangan tentara sekutu yang ingin kembali menjajah tanah air.

Musa remaja penyemir sepatu terlibat dalam upaya mengusir tentara sekutu. Ia berperan menyampaikan pesan dan kode rahasia untuk disampaikan kepada para gerilyawan salah satunya yang dikenal sebagai pahlawan nasional sekarang, Bung Tomo.

Banyak yang telah dilalui Musa sebagai penyampai pesan karena ia menerima konsekuensi dari tugas berat ini. Selain itu ia akan berjuang bersama rekannya Yumna yang diperankan oleh Maudy Ayunda dan Danu yang suaranya diperankan oleh Reza Rahardian.

Battle of Surabaya diprosuksi oleh Universitas Amikom Yogyakarta dan MSV Pictures dan dirilis pada tahun 2015. Anime Movie ini telah banyak meraih penghargaan dibidangnya salah satunya Best Animation,Hollywood International Motion Pictures Film Festival di tahun 2018.

Petamilenial.com