Home / Berita

Sabtu, 21 Maret 2020 - 08:01 WIB

Bagaimana Pandemik Corona Mengubah Suasana di Masjidil Haram

admin - Petamilenial.com

Masjidil Haram yang tidak pernah sepi dari aktifitas ibadah manusia

Masjidil Haram yang tidak pernah sepi dari aktifitas ibadah manusia

Awal tahun 2020 dunia dikejutkan dengan temuan virus baru yakni Covid-19. tahun baru 2020 isu ini belum terlalu mencuat bahkan terkesan dianggap enteng oleh masyarakat dunia. Hingga pada bulan februari setelah ratusan negara terjangkit barulah dunia sadar betapa lalainya mereka hingga baru sadar ketika Corona atau Covid-19 mengubah dunia mereka.

Penyebaran virus yang begitu mudah hingga dengan cepat menjangkiti lebih dari ratus-ribuan dan telah membunuh ribuan manusia dari berbagai negara. Membuat pemerintah setempat bertindak cepat agar dapat menanggulangi wabah yang telah disebut sebagai pandemik oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). tak terkecuali Arab Saudi, Pemerintah setempat bertindak cepat ketika kasus pertama pasien posistif Corona terdeteksi di wilayah mereka.

Pada tanggal 2 Maret Pemerintah Arab Saudi mengumumkan pasien positif Corona pertama. Tempat-tempat berkumpulnya manusia, seperti tempat hiburan ditutup oleh otoritas berwenang. Tak terkecuali masjid-masjid. Pemerintah setempat menetapkan peraturan bahwa selama wabah umat islam harus beribadah di kediaman masing-masing. Akibatnya aktifitas masjid dikosongkan dari kegiatan shalat berjamaah.

Walaupun demikian Azan panggilan sholat tetap dikumandangkan di setiap masjid-masjid. Walaupun tujuannya sekedar memberitahu bahwa waktu shalat telah masuk. Di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi aktifitas sholat berjamaah masih dilaksanakan. Sholat jum’at masih terselenggara walaupun tidak seramai dari yang biasanya.

Virus Sars Covid-19 adalah virus jenis baru yang menyerang saluran pernapasan. Ketika seseorang terjangkiti maka gejala pertama adalah batuk, bersin dan gejala flu yang lain. Karena itu penyebaran virus ini sangat mudah dan cepat terutama di tempat keramaian yang melibatkan banyak orang. Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sebagai salah satu tempat yang paling ramai aktifitas manusia di dalamnya terkena imbas dari pandemik Corona. Aktifitas manusia disana dibatasi.

Baca juga  International Women's Day 2020 : Kisah 3 Wanita Muslimah Paling Menginspirasi Dunia

Berikut adalah foto-foto yang di ambil oleh shutterksa.com di masjidil Haram sebelum Pandemik Corona.

Area of Prophet Ismail (shutterksa.com)

Area Hijr Ismail yang begitu menawan, berbentuk setengah lingkaran di bagian utara Kakbah. Kakbah dibangun oleh Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail. Di tempat inilah nabi Ismail berdiri membangun kakbah. Salah satu tempat paling mustajab untuk memohon doa kepada Allah SWT. Bangunan setengah lingkaran di area ini menjadi saksi jutaan manusia bertawaf mengelilingi kakbah sembari mengagungkan kebesaran Allah.

Banyak sekali orang yang ingin melaksanakan sholat disana dan memanjatkan doa, namun demi ketertiban tidak semua orang dapat masuk ke area ini. Disekitar Hijr Ismail biasanya ada beberapa petugas keamanan yang berjaga.

Pelatan dalam masjidil Haram tempat terbaik untuk melihat keindahan kakbah (shutterksa.com)

Gambar yang diambil di pelataran dalam Masjidil Haram ini mungkin adalah sudut terbaik tempat untuk mengambil foto kakbah yang indah. Ribuan manusia yang berada disekitarnya menambah syahdu pemandangan. Kakbah adalah ikon kerinduan umat muslim kepada tuhannya. Simbol kerinduan kepada Rasulullah yang tercinta. Bahkan orang yang tidak pernah datang ke tempat ini, bisa merasakan kerinduan yang amat mendalam ketika menatap foto kakbah, mendalami kisah perjuangan Rasulullah Muhammad di Makkah.

Baca juga  5 Benda dan Tempat Rawan Penyebaran Virus Corona

Pandemik Corona telah mengubah keramaian di sekitar masjidil haram, walaupun fakta tersebut sama sekali tidak mengurangi kemuliaan dan keagungan tempat ini. Otritas Arab Saudi telah menghentikan sementara aktifitas Umroh yang mendatangkan umat islam dari negara lain di luar Arab Saudi. Hal ini untuk menjaga kemuliaan 2 tempat paling suci bagi umat Islam yakni Masjidil Haram di Kota Makkah dan Masjid Nabawi di Kota Madinah.

Namun bukan berarti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi kosong dari aktifitas ibadah. Sebagaimana hari biasanya, masih banyak orang yang melakukan Sholat berjamaah termasuk sholat Jum’at dan Thowaf di Masjidil Haram. Sholat Jum’at masih dilaksanakan di Masjid Nabawi. Jadi pemberitaan bahwa Masjidil Haram kosong dari aktifitas ibadah tidak benar alias Hoax.

aktifitas di Masjidil Haram masih seperti biasanya, yang berbeda adalah keramaiannya. sholat berjamaan diselenggarakan bahkan di imami langsung oleh para Ulama Qurán yang masyhur, seperti Syaikh Yassir Dossary dan Syaikh As Sudais. video dibawah ini adalah Sholat berjamaah yang di pimpin langsung oleh Syaikh Yassir Dossary. beliau membacakan surah yang mengisahkan nabi Ibrahim yang berdoa agar kota Makkah selalu diberi keamanan dan anak cucunya dijauhkan dari perbuatan syirik yang menyekutukan Allah Taála

ditulis oleh : admin
penyunting : admin

Share :

Baca Juga

MUI mengeluarkan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Siutasi Terjadi Wabah Covid-19

Berita

Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Saat Wabah Covid-19

Berita

Kabar Duka : 3 Dokter Garda Terdepan Lawan Virus Corona Meninggal Dunia