5 Rekomendasi Anime Seru Tapi Santai: Aman Ditonton Bareng Keluarga

anime keluarga seru

Era modern sekarang tidak relevan lagi menganggap anime hanya tontonan anak-anak, karena anime memiliki beragam genre seperti tontonan seperti biasanya, termasuk anime keluarga. Kali ini Petamilenial akan merekomendasikan anime yang aman ditonton bareng keluarga. Selain itu dijamin pasti seru walaupun alur ceritanya santai!

Supaya gak malu karena dikirain nonton yang gak bener, rekomendasi dibawah ini aman ditonton bareng keluarga. Selain itu kamu juga gak perlu khawatir dengan adegan ‘harem’ yang tiba-tiba muncul. Selain itu banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari anime bertemakan keluarga ini.

Berikut ini Petamilenial berikan 5 rekomendasi anime bertemakan keluarga yang seru tapi santai.

Amaama to Inazuma

anime keluarga
anime ©Gido Amagakure/ Kodansha/ TMS/3xCube/ Crunchyroll

Menjadi seorang guru sudah menjadi tugas yang berat karena harus memerhatikan para murid, ditambah lagi menjadi seorang ayah single-parent yang mengurus putri kecil. Inilah yang dirasakan oleh Inuzuka Kouhei yang sejak kematian istrinya harus merawat anak kecilnya sekaligus bekerja sebagai guru.

Tsumugi masih kecil dan terkadang tidak mau mengerti keadaan hingga ayahnya harus berusaha ekstra menurutinya. Amaama to Inazuma atau Sweetness & Lightning menjadi anime yang mewakili seorang ayah yang harus bekerja sekaligus mengurus anak. Anime ini mengajarkan bahwa menjadi orang tua tidaklah mudah.

Untungnya Tsumugi memiliki lingkungan yang peduli padanya. Ayahnya juga punya murid yang pandai memasak dan memiliki restoran sendiri. Kehidupan Tsumugi dan ayahnya selalu dikelilingi dengan hal yang baik. Karena bergenre Slice of Life, anime ini ini punya alur yang santai dan seru diikuti.

Poco’s Udon World

poco's udon world
©Nodoka Shinomaru/ Shinchosha/ Liden Film/ Crunchyroll

Poco’s Udon World yang punya judul alternatif Udon no Kuni no Kiniro Kemari termasuk anime keluarga yang tetap seru ditonton walaupun punya alur yang santai. Sama seperti anime sebelumnya, anime ini mengajarkan bahwa tidak mudah untuk menjadi orang tua.

Selain itu amanat yang bisa dipetik disini bukan hanya dari sisi orang tua, namun juga dari pandangan seorang anak. Tawara Souta kembali ke desanya setelah orang tuanya meninggal. Ia mengunjungi rumah keluarganya yang tidak berpenghuni. Di warung Udon tempat orangtuanya bekerja, ia menemukan anak kecil yang mirip Tanuki (rakun).

Karena merasa kasihan, Souta memutuskan untuk tinggal sementara di desa dan merawat anak tersebut dan memberinya nama Poco. Selama merawat Poco, Souta merasakan bagaimana perasaan orang tua. Ia menemukan banyak sekali penyesalan dan rasa bersalah terhadap ayah dan ibunya yang sudah meninggal. Hadirnya Poco mengajarkan Souta tentang apa yang seharusnya ia perbaiki dalam hidupnya.

Mairimashita! Iruma-kun

mairimashita! Iruma-kun
©Osamu Nishi/ Akita Shonen/ Bandai Namco/ Crunchyroll/ Mairimahita! Iruma-kun

Mairimashita! Iruma-kun menceritakan seorang anak yang baik dan penurut yang dimanfaatkan oleh orangtuanya untuk bekerja habis-habisan. Iruma tidak bisa menolak permintaan, sehingga dari kecil orangtuanya menyuruh ia untuk bekerja sampai ia tidak sempat untuk sekolah. Sampai akhirnya orangtuanya menjual Iruma kepada iblis.

Iblis bernama Sullivan membeli Iruma dari orangtuanya dan membawanya ke dunia iblis. Namun bukannya di perbudak dan dimakan, Sullivan ternyata ingin menjadikan Iruma sebagai cucunya dan menyekolahkannya di sekolah iblis disana. Sullivan sudah lama menginginkan seorang cucu.

Awlanya Iruma kaget karena ia dijual kepada iblis oleh orangtuanya. Namun karena perlakuan baik Sullivan, ia lambat laun terbiasa dengan lingkungan dan sekolah iblisnya. Hanya satu rahasia yang harus dipegang Iruma, jangan sampai ada yang tau bahwa ia manusia, karena ia akan dimakan oleh iblis lainnya.

Kakushigoto

kakushigoto
©Kōji Kumeta/ Kodansha/ Funimation/ Aniplus. Kakushigoto

Seorang ayah yang harus bekerja dan merawat putrinya yang masih kecil. sekilas nime ini mirip Amaama to Inazuma, namun bedanya sang ayah, Gotou Kakushi bekerja sebagai mangaka yang mengambar manga Echhi. Ia takut jika putrinya tau pekerjaan ayahnya. Karena itu ia bersumpah akan menyembunyikan pekerjaannya dari sang anak, Hime.

Sebagai single-parent Kakushi bekerja keras sebagai seorang mangaka karena itu adalah hobinya. namun karena ia memiliki anak perempuan, ia takut perlakuan putrinya akan berubah ketika mengetahui pekerjaannya. Anime ini menceritakan bagaimana sayangnya seorang ayah sekaligus kisah lucunya menyembunyikan pekerjaannya.

Selain itu anime ini diisi oleh Seiyuu papan atas yang mengisi deretan anime terkenal. Gotou Kakushi (ayah) diperankan oleh Hiroshi Kamiya dan Gotou Hime (anak) diperankan oleh Rie Takahashi. Singkatnya Kakushigoto merupakan anime keluarga yang memiliki alur yang santai namun seru.

My Roommate is a Cat

my roommate is a cat
©Minatsuki/ Zero-G/ Flex Comic/ My Roommate is A Cat

Anime ini berjudul lengkap Dōkyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue menceritakan seorang pria yang tinggal sendirian bersama kucingnya setelah kedua orang tuanya meninggal. Setelah kecelakaan yang menewaskan orang tuanya, Mikazuki Subaru tinggal menyendiri dan bekerja sebagai seorang penulis.

Namun kehidupan penyendiri tersebut berubah ketika ia memungut seekor kucing yang sering berada di kuburan orang tuanya. Kucing yang diberinya nama Haru tersebut menemani hari-hari Subaru yang penyendiri. Walaupun penulis, Subaru sangat pemalu dan kikuk saat berinteraksi dengan orang lain, namun itu semua berubah saat ia Haru bersamanya.

Anime ini memiliki dua sudut pandang, yakni si Kucing dan Subaru. Alur cerita yang santai namun emosional mengajak kita bukan hanya berbuat baik kepada hewan peliharaan, tetapi juga mengerti perasaannya bahwa peliharaan tersebut mencoba untuk mengerti perasaan tuannya. Khususnya Kucing.

Petamilenial.com
Sumber featured image : ©Ryūichi Saitaniya/ Sentai Film Works/ Girl un Panzer