Dapatkan informasi terkait COVID-19

6 Cara Agar Terhindar dari Penipuan Saat Belanja Online

Belanja via daring rentan penipuan jika tidak hati-hati
tips aman belanja online dari penipuan
sumber gambar : unsplash.com/@austindistel

Berbelanja online merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan sudah menjadi rutinitas masyarakat Indonesia sekarang ini. Berbelanja online untuk memenuhi barang kebutuhan memang sangat banyak sekarang ini, terlebih lagi di era digital 4.0 yang benar-benar membawa banyak manfaat dalam menggunakan teknologi sehari-hari.

Dampak kemajuan zaman benar-benar membawa perubahan dari cara konvensional menjadi lebih modern, membeli barang ataupun makanan tidak perlu lagi keluar rumah tetapi lewat ponsel pintar saja sudah bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan ketika di daerah anda tidak menemukan barang yang di inginkan, anda bisa memesannya dari luar kota dan diantar dengan mudahnya sampai di rumah. Ini menjadi bukti kalau kemajuan zaman benar-benar berdampak baik untuk kehidupan masyarakat dunia hingga saat ini.

Nah, pada kesempatan yang indah ini kami berencana berbagi informasi menarik kepada anda semua tentang tutorial berlanja online agar terhindar dari penipuan, meskipun kemajuan zaman membawa perubahan yang bermanfaat, tetapi tidak semuanya aman untuk kita. Buktinya masih banyak sekali penipuan online di internet dengan cara memanfaatkan ecommerce sebagai ladang untuk mendapatkan uang. salah satu contohnya adalah kasus yang menimpa E-Commerce ternama Indonesia, Tokopedia. jutaan data pelanggan bocor ke pihak tak bertanggungjawab. namun keamanan berbelanja masih dapat dijamin oleh Tokopedia.

Untuk menghindari hal tersebut. Berikut ini kami berikan beberapa tips penting ketika
belanja online agar terhindar dari penipuan atau hal-hal merugikan untuk diri anda.

Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Tips Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan

sumber gambar : unsplash.com/@rupixen

1. Pilih ecommerce terpercaya dan resmi

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin belanja online di internet, pastikan untuk memilih ecommerce atau toko online yang resmi dan sudah dipercaya banyak orang di Internet. Toko online yang kami maksudkan disini seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Memilih ecommerce yang berkualitas dan resmi  jauh lebih aman dibandingkan membeli barang atau produk dari toko online yang belum terkenal, bukan berarti kami menjelekkan toko online biasa, tetapi nyatanya sudah banyak korban penipuan yang membeli di toko online biasa. Hanya saja, tidak semua toko online biasa seperti itu. Ada yang benar-benar aman dan ada juga yang abal-abal. Intinya cari tahu dulu informasi mengenai toko online tersebut agar anda tidak tertipu.

2. Pastikan untuk mengecek informasi toko online

Nah, tahap kedua ini sudah sedikit kami bahas di poin pertama. Sebelum anda berbelanja online ada baiknya mengecek informasi toko mulai dari alamat toko,review yang diberikan pelanggan dan informasi produk yang akan anda beli.

Biasanya toko online yang bergabung dengan ecommerce besar seperti Lazada adalah toko online yang dibuat secara personal oleh kebanyakan masyarakat, meskipun tidak sedikit juga yang benar-benar memiliki toko fisik. Untuk karena itu, ada beberapa hal yang perlu anda cek informasinya, mulai dari informasi deskripsi toko, kemudian informasi produk dan masih banyak lagi yang lainnya.

Intinya, semakin banyak review positif dari banyak pelanggan yang sudah berbelanja, menandakan kalau toko online tersebut benar-benar aman.

3. Baca dengan jelas deskripsi produk yang akan anda beli

Tahap berikutnya yang ketiga adalah membaca dengan jelas produk yang anda beli terutama pada bagian deskripsinya. Produk dengan deskripsi yang jelas juga menjadi pertimbangan bagi calon pembeli, mereka yang membeli produk online akan melihat terlebih dahulu deskripsi produk secara lengkap agar mendapatkan barang yang benar-benar sesuai.

Deskripsi produk ini juga memberikan informasi kepada pelanggan terkait dengan ukuran, merk dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, untuk karena itu kalau anda ingin membeli produk di toko online, paling tidak paham dengan hal ini.

4. Pembelian dengan sistem COD

Berikutnya yang tidak lupa untuk kami informasikan kepada anda ketika membeli produk online, pastikan untuk membeli dengan sistem COD. Hal ini bisa anda lakukan kalau memang mau aman dalam berbelanja online di ecommerce atau toko online di internet.

Biasanya tidak semua toko online akan memberikan metode pembayaran ini, karena dianggap merugikan ketika konsumen tidak jadi membeli. Untuk karena itu, anda bisa mencari toko atau seller yang mau memakai metode ini untuk lebih amannya, namun kalau anda sudah percaya dengan seller tersebut bisa langsung pakai sistem transfer.

Contoh produk yang tidak bisa dibayar dengan sistem COD, kriterianya ada beberapa seperti produk digital, produk seperti emas dan produk dengan nilai lebih dari 5 juta rupiah. Selain itu juga, pembelian dengan sistem COD tidak membuat anda khawatir kalau barang tidak kunjung datang karena anda belum membayarnya. Biar semakin lengkap, simak keuntungan membeli produk online dengan sistem COD dibawah ini.

  • Pembayaran dengan sistem COD jauh lebih aman dibandingkan membeli dengan metode transfer
  • pembelian dengan sistem COD akan memudahkan pembeli memilih dan mengecek kondisi barang terlebih dahulu

5. Pastikan informasi data diri anda lengkap

Nah, kalau poin 1 – poin 4 udah ada lengkapi dengan baik, maka pada poin kelima ini anda harus melengkapi informasi data diri mulai dari nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon dan data lainnya.

Tujuan melengkapi informasi ini bertujuan agar barang yang anda pesan bisa datang langsung dirumah anda dan tidak terjadi salah antar. Kadang penulisan alamat yang salah membuat barang yang kita pesan salah antar di rumah orang lain atau ke kota lain. Untuk itu, pastikan menuliskan alamat yang lengkap dan informasi data diri yang jelas.

6. Membeli langsung dari official store

Tips dari kami yang berikutnya ketika ingin berbelanja online agar tidak tertipu, bisa langsung membeli di official store. Ecommerce besar seperti Lazada, Shopee dan lain-lain memiliki official store yang dikelola pribadi untuk memudahkan setiap pelanggan mendapatkan pelayanan yang maksimal, terutama untuk barang yang mereka dapatkan benar-benar original atau asli.

Selain itu, anda juga bisa memilih sistem pembayaran COD karena jauh lebih aman. Nah, official store ini memilik ecommerce itu sendiri dan pastinya terpercaya untuk anda yang masih baru dalam membeli barang secara online.

Nah sampai disini dulu informasi dari kami mengenai tutorial belanja barang secara online di ecommerce atau toko online di internet. pastikan juga untuk tetap hati-hati dalam berbelanja online karena tidak semua toko online di internet bisa dipercaya dengan baik.

Ada baiknya anda menerapkan beberapa tips yang sudah kami bagikan agar terhindar dari penipuan, jangan mudah percaya dengan komentar yang mengatakan seller resmi dan menyuruh anda menghubungi mereka melalui whatsapp, besar kemungkinan itu adalah penipuan yang sengaja memanfaatkan kemudahan untuk berkomentar dan mengulas pesanan orang lain.

Lebih baik langsung saja beli dari ecommerce yang bersangkutan dibandingkan menyimpan nomor penjual abal-abal di whatsapp anda, meski harga yang ditawarkan tidak masuk akal. Terimakasih.

Salam hangat!
Petamilenial.com

admin
pemalas dan buruk dalam pertemanan, menjadi penulis adalah mimpi sehari-hari